pada laman ini berisi soal dan pembahasan bentuk soal yangserinew york keluar selama ulangan harian, ujian sekpraktek dan ujian nasional (UN) diatas materi beraksi Gravitasi Newton. Dengan mempelajari bentuk soal yangai become keluar, dijamin memuntuk paham tentang materi ini.

Anda sedang menonton: Contoh soal dan pembahasan hukum gravitasi newton


*
Kumpulan Soal dan Pembahasan hukum Gravitasi Newton
Soal No 1
Dua buah planet X dan Y terpisah sejauh R meter. Massa planet X kemiripan dengan mass planet Y seterlalu tinggi M kg. Jika pengeluaran tetapan gravitasi universal G, maka tentukanlah terlalu tinggi gamemiliki gravitasi planet X terhadap Y?
*

*
Gamemiliki gravitasi planet X kemiripan geram mencapai gamiliki gravitasi planet Y, dengan direction yang salingai berlawanan.Soal No 2
Jika dua buah planet pribadi mass 2 x1020 kg dan 4 x1020 kg. Jarak antar dua planet adalah 2.105 km. Tentukanlah gamemiliki gravitasi antar 2 planet!
Pembahasan Soal No 2Diketahui:M1 = 2x1020kgM2 =4 x1020kgR =2.105kmDitanya F = ?Jawab =
*
Pembahasan Soal nomor 2 tindakan Gravitasi Newton

Di ketentuan A dan C sebuah bujur sangkar taruh benda bermassa 1 dan 0,5 kg. Bila gamemiliki seri menarik antar benda segeram 0,5 G. Tentukanlah panjangi sisi bujur sangkar tersebut!
Pembahasan Soal No 3Diketahui:Ma = 1 kgMc = 0,5 kgFac = 0,5 GDitanya = r ?
*
Pembahasan Soal numeral 3 tindakan Gravitasi Newton

Soal No 4Sebuah benda diukur beratnya di permukaan bumi 2500 N, jika benda berada diatas ketinggian 2 kali jari-jari bumi dari permukaan bumi, maka tentukanlah berat benda diatas ketinggian tersebut!Pembahasan Soal No 4Diketahui: w1 = 2500 N
*
Pembahasan Soal nomor 4 hukum Gravitasi Newton

Catatan:Kebanybecome siswa deviasi dalam memutuskan jarakr2untuk siswa mengukur jaraknmiliki dari permukaannya bumi saja, padabab jaraknmiliki diukur dari markas besar bumi sampai pada ketinggian h dari permukaannya bumi. Jadi, berhati-hatilah batin memutuskan jarak antara pusat bumi dan benda diatas ketinggian tertentu. Biar lebih paham, coba ulanew york soal numeral 4 dengan baik.
Soal No 5Sebuah benda berada pada permukaan bumi, massa benda menyertainya adalah 320 kg. Bila benda tersebut dimembawa di atas ketinggian 3 R dari permukaan bumi. Tentukanlah:a. Massa benda pada ketinggian tersebutb. Terlalu tinggi percepatan gravitasi diatas ketinggian tersebutb. Berat benda pada ketinggian tersebutPembahasan Soal No 5Diketahui:m1= 320 kg,w1= 3200 N
dalam jumlah besar benda selalouis tetap, walaupun berada di ketinggian tertentu saja atau di planet manapun. Adapun yang mengalami peruberwujud adalah percepatan gravitasi yanew york dibawaan benda.
*

enim percepatan gravitasi di ~ ketinggian terpanggilan adalah 1/16 percepatan gravitasi bumi atau berkuranew york menenim 10/16 m/s^2 dan bobot benda menenim berkurangai 200 N.
Dua buah benda berada di ~ bidangi yangi sejajar. Masing-masingai benda pribadi massa yangai berbeda. Dalam jumlah besar benda duluan adalah 2500 kg dan 900 kg. Ke dua benda ini koneksi rusak sekurang sopan 10 m. Tentukanlah letak benda ke 3 yangi berukuran 4500 kg harus diletakkan agar gamiliki gravitasi yangai dialaminmiliki nol!
*
Pembahasan Soal nomor 6 bertindak Gravitasi Newton

jadi letak benda setelah 3 agar gamemiliki gravitasi yanew york dialaminmemiliki nol harus diletakkan 3,75 m di sebelah kiri benda nanti 2.

Lihat lainnya: Cara Mengembalikan Video Yang Terhapus Permanen Di Hp Vivo Tanpa Aplikasi


Demikianlah beberwhat jenis soal yanew york serinew york ditemukan diatas materi hukum gravitasi Newton. Laman soal dan pembahasan beraksi gravitasi Newnada ini firmicutes menjadi memperkawanan soal dan tambahan menunggu soal-soal yang bisa belum sanggup sahabat bagipiritter pecahdimodernkan via kolom komentar atau via email, pada saat kemudian kita tolong dan postingi di laman ini.