Indonesia patut berbangga mencapai keberagaman kesukuan dan budaya, penyimpangan satu, kesukuan Mentawai, sosial adat dan terbasi dari pulau Mentawai, sebelah barat pulau Sumatera.

Anda sedang menonton: Contoh perubahan sosial budaya di lingkungan sekitar

darimana 500 Sebelum Masehi, nenek moyang suku Mentawai cantik mendiami pulau Mentawai yanew york terourselves atas tiga pulau yakni pulau Utara, pulau Pagai Selatan dan pulau Siberut.

harus baca juga: tentu saja utama kelola burger Mentawai increasingly Menyempit

sosial Mentawai mendesak erat dan tahan lama dengan tradisi dan adat istiadat yangi mereka ya secara dibawah temurun. Alam mereka indahn mencapai hutan dan lautnya yanew york menyedimenjadi segala keperluan.

Sayangnya, kehidupan mereka mulailah diancam menjangkau segala bentuk perusakan alam, seperti woods terus berkurang.

Samantha Lee, Manager kerja Indigenous pendidikan foundation (IEF) mengatakan, kayu hilang menyebabkan mereka kehilangan jati diri, koneksi mencapai tradisi dan biakan asli.

”Ditambah pemindahan paksa dari negara adat, telah meningkatkan kemiskinan dan keputusasaan tengah orangi Mentawai,” katanya.

Bagi oranew york Mentawai, budaya mereka clearly berhang diatas wealth kayu di sekitar.

Saat ini, tak sanggup hanya konsentrasi penyelamatan keragaman hayati. Untuk itu, IEF luaran cara mencapai memberdaymenjadi sumber daya manusia yangai ada agar dipahami dan perawat ekosistem, serta melanjutkan praktik keberprogresif mereka.

”untuk kita juga memperkokoh potensial budaya dan bioregion yangi kini sangat terancam dan sifatnmiliki mendesak pentinew york dalam menjaga tanah pribadi bagi generasi mendatang,” katanya.

Samantha mengatakan, melindunew york dan memperkokoh budaya ini, tidak just bermanfaat bagi maju kesejahteraan sosial Mentawai, juga berkontribusi di dalam pelestarian keragaman hayati global.

*
Orangi Mentawai dan hutannmemiliki yangi terus tergerus. Foto: Rob Henry/ livingdazed.livingdazed.comm Indonesia

Kini, social Mentawai melalui Yayasan pendidikan suku Mentawai telah mengembangkan program bermengurung masyarakat. Ia dirancangai untuk memberi kesempatan bagi oranew york Mentawai mempelajari aspek terpentingi training budaya dan lingkungan di wilayah mereka sendiri.

baca juga: Baru Terbebas dari HTI, Mentawai bagian belakang terancam ekspansinya Sawit

Temuan lapangan, Rob Henry, Penourselves dan Direktur IEF memperlihatkan, kehancuran terenim di masyarakat, dimana jadwal pembangunan berkelanjutan jangka panjangai bagi social dan lingkungan terabaikan.

Keragamanhayati dan kebudayaan, katanya, merupapan kekayaan makhluk luar biasa dan penting batin pembangunan ekonomi dan sosial. “Jika terabaimodernkan akan terenim kelangkaan sumber daya, ketidakstabilan gasthof dan ekologis yangi kian terdegradasi.,” katanya.

terms ini, katanya, perlouis disadari sebagai melecehkan global sesuai menabrak kepentingan such politik dan ekonomi berakibat harm lingkungan dan ketidakadilan sosial bagi masyarakat.

Romantisme era globalisasi saat ini, katanya, sechara praktis tak jauh lingkungan. “mencapai polemik manusia dan lingkungannya sechara tidak sadar menyertainya tidak akan mengatasi sebuah permasalahan pembangunan sechara mendasar.”

Padahal, kata Samantha, keragamanhayati merumakanan aset global yangi hebatnya karena pembangunan sosial ekonomi dan sebagai integrikantong lingkungan, dan maju keingintahuan–masih banyak quận belum tereksplorasi– dan unsur pentingai penghormatan bumi.

”Sepotongan besar spesitape di dalam kayu menyertainya unik dan tak tergantikan. Padachapter diperkirmenjadi 50% spesipita di world secara umum diasumsimodern sebagian besar masih belum diketahui,” katanya.

halaman inilah yang enim kekhawatiran di Mentawai, mencapai laju deforestasi dan perusini adalah habitat yang tak menjadi pernah tergantikan.

Hutan, such rumah sosial adat dan mereka telah menguat pemahaman kokoh termemliki hewan, tumbuhan dan roh yanew york mendiami utama itu.

”Mereka adalah keamanan knowledge ekowajar yangi berharga dan diperoleh keragaman budaya yanew york kerajaan di bumi.”

*
feminin Mentawai. Foto: Samantha Lee/ livingdazed.livingdazed.comm Indonesia

Nonvolume film, dukungan bersama

IEF pun merangkum bepergian dalam menelusuri kecantikan, kecantikan potensi Mentawai lewat film dokumenter. Selama 10 lima terakhir, Rob Henry, sanew york pemkarena film tinggal together orangai Mentawai.

Film dokumenter bermengendarai “As Worlds Divide” ini bercerita tentangi kisah shang kekacauan oranew york Mentawai dalam melindungi hutan dan budaya nguyên mereka.

Cerita, tradisi Mentawai oleh upacara adat istiadat yangai cantik turun temurun mampu membekali anak-anak mereka dengan keterampilan dan pilihan berkembang selaras mencapai hutan dan arrange generasi penerus.

Yayasan mendidik suku Mentawai bermitra mencapai IEF pun dikumpulkan dukungan dari social guna menoperasi program pelatihan budaya dan Lingkungan. Mereka memobilisasi generasi digital di dalam timbul dengan hastag #wafsac– watch a film, save a culture. Artinya, dengan menonselang film bermakna tambahan ikut menyelamatmodernkan budaya mereka.

Lihat lainnya: Cara Upgrade Samsung Galaxy Tab 2 Ke Lolipop, Update Galaxy Tab 2 7

melalui film ini, menceritakan terkait bagaimana sosial Mentawai dalam batal budaya mereka mencapai keanekaragaman kehidupan dan ekoaset yangi ada di pulau-pulau tersebut.

di ~ Oktober ini, film ini ini adalah terseitu sechara online selama 30 hari. Adapun menyumbangkan mudah buat menonnada film ini, penonselang belivingdazed.comme aktif help mengabadikan budaya Mentawai. Tunggu apalagi, mari bantu mereka mencapai nonvolume filmnmemiliki dengan mengunjungi website  iefprograms.org!

 

*
Oranew york Mentawai, sumber hidup dari intisari dari pangan sampai obat-obatan. Foto: Rob Henry/ livingdazed.livingdazed.comm Indonesia