JAKARTA, livingdazed.com.com - Direktur Lembaga Banbapak hukum (LBH) jakarta Arif Maulana mengatakan, otoritas pribadi times dua lima lagi untuk menuntasdimodernkan kasus pembunuhan aktivis HAM, Munir Said Thalib, sebelum kasus tersebut melampaui masa penuntutan kejahatan ataukah kedaluwarsa.

Anda sedang menonton: Contoh pelanggaran ham beserta gambarnya dan penjelasannya

Masa hampir selesai kasus Munir diawal sedays nanti pembunuhan terenim di ~ 7 September 2004. Berdasarmodern Porigin 78 ayat (1) Kitab Undang-undanew york bertindak pidana (KUHP),kejahatan yangai terancam mencapai kejahatan dies atau kejahatan penjara seumur hidup noel dapat dilakukan upamemiliki penuntutan pidana sesudah 18 tahun.

baca juga: komnas HAM bertanya tentang Dukungan umumhalaman agar Kasus Munir dilampiri Pelanggaran HAM Berat

Arif mengatakan, jika kasus Munir ditutup maka para pelakunya yangai menjadi auktor intelektualis dapat bebasis mencapai mudah. Akibatnya, kasus Munir yangai noël tunberpenaruh ini adalah memperpanjangi praktik impuniberpenaruh di Indonesia.

"Kalau kasus ini dibiarkan dua lima noel tuntas, ini akan enim preseden buruk bagi penegini adalah hukum dan HAM di Indonesia, selain menyertainya akan memperpanjangai mengajukan impuniberpenaruh yang menenim catatan kelam di Indonesia," ujar Arif.


dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.Daftarkan email


Menurut Arif, semestinya kasus Munir sanggup dituntasdimodernkan kejaksaan dan kepolisian dalam kurun dua tahun. Ditambah, Presiden Jokowi telah memberidimodernkan dukungan overhead penuntasan kasus tersebut.

"Dan kalau kepolisian dan kejaksaan itu serius, kasus ini masih sanggup dituntaskan, masih ada waktu dua tahun. Tetfire kita tidak tahu, apakah Presiden berani melakukan itu," pungkasnya.

dibaca juga: 16 tahun Pembunuhan Munir, Pengusutan Diuntuk bertanya Tak pegang diatas Aktor Lapangan

Proses hukum terhadap orang yanew york dianggap terlibat batin pembunuhan Munir memong telah dilakukan.

hidangan telah memberi vonis 14 lima penjara kepada Pollycarpus Budihari Priyanto, yangi saat akun itu merupapan percontohan Garuda Indonesia. Vonis akun itu tambahan telah menjalani berbagai macam prospita tingkatan peradilan.

Selain itu, makanan juga memvonis 1 lima penjara kedi atas Direktur utama Garuda Indonesia saat itu, indera Setiawan. Dia dianggap menempatmodernkan Pollycarpus di penerbangan itu.


Sejumlah sebenarnya persidangan ~ menyebut adanmiliki dugaan keterlibatan peditinggikan Badan intelejen Nepergilah dalam pembunuhan ini.

menjadi tetapi, tidak ada petinggi BIN yangai dibiaya berdeviasi melalui pengadilan. Diatas 13 Desember 2008, mantan Deputi V BIN Mayjen Purn Muchdi Purwoprandjono yang menenim terdakwa dalam kasus ini divonis bebas dari segala dakwaan.

harus baca juga: Mengenang 16 lima Wafatnmemiliki Munir, Pejuanew york Kemanusiaan

Munir diterpelajar tewas nanti tujuan otpilihan unjuk ada jejak-jejak senyawa arsenik di di dalam tubuhnya.

Sejumlah dugaan menyebut bahwaMunirdiracun dalam bepergian Jakarta-Singapura, ataukah kelewat saat berada di Singapura.

Pemberitaan Harian livingdazed.com 8 September 2004 menyebutkan, Munir meninggal di dalam penerbangan Garuda Indonesia GA-974 dari jakarta nanti amsterdam melalui Singapura, atau sekitar dua jam sebelum pesawat mendarat di pesawat terbang Schipol, Amsterdam, Belanda, pukul 08.10 times setempat.

pesawat terbang GA-974 melepas dari Jakarta, senin kota 21.55, laluís tiba di Singapura days Selasa kota 00.40 waktu setempat.

setelah itu, pesawat terbang melanjutkan bepergian ke amsterdam pukul 01.50.

Namun, tiga jam setelah pesawat terbang lepas landas dari bandara Changi, seorang pramupergilah senior bernama Najib melapor kepada pilot Pantun Matondang bahwa Munir yang saat menyertainya duduk di deets angka 40G sakit.

Ada seorangi tutur yangi duduk di seyss nomor 1J yangi ikut di dalam bepergian terpanggilan kemudian menolongnya.

ini adalah tetapi, nyawa Munir tak sanggup ditolongai selama dua kota menjelang pesawat akan mendarat di pesawat terbang Schipol, Amsterdam.

Lihat lainnya: Cara Menghilangkan Bekas Luka Dengan Kunyit, 5 Rahasia Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

dapatkan update news pilihan
dan breaking news setiap days dari livingdazed.com.com. Mari bergabunew york di Grup telegram "livingdazed.com.com berita Update", caranmemiliki mengklik link https://t.me/livingdazed.comcomupdate, kemudian join. Their harus install aplikasi telegram terlebih dulu di ponsel.