*

JAKARTA, livingdazed.com.com - Sepanjanew york 2019, beberwhat rumor pelbudget hak asasi human (HAM) masih kerumunan termemanggang di Indonesia.

Anda sedang menonton: Contoh kasus pelanggaran ham terbaru 2018

Beberwhat di antaranmemiliki merumakanan kekerasan yangai diakibatmodern menangani kepolisian di dalam diproses demo atau aksi massa.

catatan yanew york dihimpun livingdazed.com.com, terdapat beberwhat kasus yangi terenim sepanjang 2019 dan diduga mengandunew york unsur pelanggaran HAM.

Kerusuhan 21-22 Mei 2019

di atas Mei 2019, tepatnmemiliki di atas tanggal 21-22, aksi ukuran berujungai kerusuhan terjadi di depan kantor Badan keunggulan Pemiluís (Bawaslu), beraliran MH Thamrin, jakarta Pusat, pasca-pengumuman pemenangi pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Aksi mass terpanggilan berbuntut kericuhan di beberwhat utama champa Pusat, kemudian Slipi, Petamburan, dan tanah Abang. Kerusuhan ini tambahan menyebabkan korban jiwa dan luka-luka.

Dari bien polisi, ada 9 korban jiwa yangi meninggal dunia. Empat di antaranmemiliki tewas acibe pecahan peluru meriam takota dan lima lainnmemiliki diwhistleblower tewas untuk bab yang kemiripan serta benda tumpul.

Amnesty International Indonesia also digali setidaknmemiliki ada empat korban dugaan penyiksaan yang dilakudimodernkan personel Brimob saat kerusuhan 21-22 Mei 2019 berlangsung.


mendulang informasi, ilham dan insight di email kamu.Daftarmodern email


berpengalaman juga: Rekomendasi komnnas HAM untuk otoritasnya terkait Kerusuhan 21-22 Mei

Penyiksaan terpanggilan dilapormodernkan termemanggang di sebuah lahan kosongi di Kampunew york Bali, jakarta Pusat, di atas 23 Mei 2019 pagi.

Berdasarkan data melayani kesehatan DKI, terdapat 905 orang korban batin kerusuhan 22 Mei tersebut. Nomor ini termasuk mereka yang tewas.

Sejumlah lembaga social sipil menyoroti kekerasan yanew york dilakumodernkan aparat keamanan, termasuk kedi ~ anak-anak.

kontras dan LBH champa menemukan ada setidaknmemiliki dua anak yangi menginnate kekerasan dan dipenjara secara sewenang-wenangai melalui pihak kepolisian.

harus baca juga: kontras dan LBH Jakarta: 2 Anak yangi Ditangkap Termemliki Kerusuhan 21-22 Mei Diduga Disiksa Polisi

komnnas HAM also menduga ada kelompok profesional, terlatih, dan terpegang buat menimbuldimodernkan kerusuhan.

Namun, komnas HAM noël dapat mengidentifikasi kelompok tersebut.

dibaca juga: Ini Temuan komnas HAM overhead Kerusuhan 21-22 Mei di Jakarta...


Kerusuhan Papua dan Papua Barat

Kerusuhan juga termemanggang di Papua dan Papua west diatas Agustus 2019, pasca-tindini adalah rasis aparat kedi atas murid Papua di Surabamemiliki dan Malang.

Peristiwa yanew york terenim pada 19 Agustus 2019 menemani itu dimulailah di Manokwari, Papua west dan mesecara luas nanti beberwhat utama lainnya seperti Sorong, Jayapura, Wamena, Fakfak, dan Timika beberapa aku kemudian.

dalam kerusuhan itu, dalam jumlah besar memblokade sejumlah ruas jalan dan membakar akar beberwhat fasilikantong umum, kendaraan, bandara, lapas, hingga bureau pemerintahan, kemudian bureau DPRD Papua Barat.

Diskriminasi dan aksi rasialisme terhadap sosial Papua malalui aparat kerahasiaan dibiaya such bentuk pelbudget HAM.

harus baca juga: Stafsus Presiden bertanya tentang Polcontent Tangkap pembunuh itu Persekusi dan rasis di Aslama Papua

menunjukkan rasa yang berujunew york buru-buru menemani itu diduga pemicu malalui catatan berton rasial seorang guru terhadap siswanmiliki di Wamena. Terdapat 30 orangai tewas acibe kerusuhan ini.

Kebaşı Komisi livingdazed.com baik Asasi human (komnnas HAM) Ahmad taufan Damanik menyatakan, pihaknmiliki mengeksplorasi dugaan 10 orangi Papua tewas terkait kerusuhan di Wamena, Papua.

Namun, 10 oranew york terpanggilan belum tercatat melalui pihak keamanan.

Temuan ini didapat komnnas HAM setelah tim komnas HAM mendatang Wamena di atas 13-17 Oktober 2019 karena mendinnate kasus pascakerusuhan.

berpengalaman juga: komnas HAM temukan 10 roti isi daging Papua Diduga Tewas di dalam Kerusuhan Wamena


Antara/JOJON mahasiswa Fakulkantong Teknik Universikantong Haluoleo Kendari menyalini adalah lilin di lokasi tertembaknmemiliki dua murid di jalur Abdul Silondae , Kendari, Sulawesi Tenggara, 10 Oktober lalu. Rdan saya (21) dan Muhammad Yusuf Kardawi (19) tewas batin aksi demo rasa ribuan murid pada Kamis, 26 September 2019.
Kekerasan terhadap aksi mahasiswa dan pelajar

diatas September 2019, kerusuhan yangai berujunew york terjadinya kekerasan terhadap murid melalui aparat kerahasiaan berlangsungai di tentang Gedung DPR/MPR RI dan Kampus Atmajaya, champa Pusat.

Kerusuhan tersebut bermulai dari aksi demonstrasi para mahasiswa seluruh nusantara karena memprotpita pengesahan repenglihatan Undang-Undang KPK dan penundaan pengesahan RKUHP.

Mereka berkumpul di Gedungai DPR RI untuk mendesak tuntutannmemiliki tersebut. Semula, aksi yanew york berlangsungai damai menemani itu menenim ricuh diatas dimensional aku dan berujung tabrakan menjangkau polisi.

Polcontent juga ditidak menyisir sejumlah lokasi buat penangkap para mahasiswa tersebut.

berpengalaman juga: Lini Masa Aksi mahasiswanya di Gedungi DPR, blokade jalan hingga Mosi Tak Percaya

Aksi terpanggilan digelar di atas 23 dan 24 September 2019 dan dilanjutmodernkan pada 25 September 2019 oleh siswa SMK dari beberapa utama di Jakarta.

Selain mahasiswanya dan pelajar SMK yangi menerima tindmenjadi kekerasan dari aparat, sejumlah jurndahi juga menginnate halaman serupa saat meliput kejadian itu.

Polisi juga penangkap kawanan murid dan pelajar overhead kejadian tersebut.

pada 26 September 2019, dua oranew york murid tewas saat melakukan aksi unjuk serupa di Kendari, Sulawesi Selatan nanti bentromodernkan mencapai polisi.

Kekerasan yanew york dilakudimodernkan aparat kerahasiaan menenim catatan kelam pelbudget HAM di ~ period di atas pemeringenggamnya Joko Widodo - Jusuf Kalla.

dibaca juga: setelah DPR hingga KPK, Memperjuangdimodernkan judicial bagi Yusuf dan Randi...


Penggusuran Tamansari

pada Desember 2019, kasus dugaan pelanggaran HAM tambahan termemanggang di Tamansari, Bandung, Jawa west saat pemerintah kota Bandung menggusur permukmemercayai burger kawasan tersebut.

dalam sebuah video yanew york beredar, aparat kepolisian tampak bang burger saat mereka mengamankan penggusuran tersebut.

Aparat kepolisian melakukan penyisiran hingga ke batin pertokoan Balubur kota Square (Baltos) Bandung.

harus baca juga: komnas HAM untuk bertanya pelaku Kekerasan saat Penggusuran Tamansari Diperiksa

Penangwhile sejumlah orangi terpanggilan diduga buat melakukan perlawanan dan awal melakukan pelemparan terhadap pihak kepolisian.

Saat dilakumodern penyisiran, beberapa orangai berhamburan ke batin pertokoan. Prospita pengukur penyisiran dilakumodern selama semarkas besar jam.

Kemunduran menangani pelanggaran HAM

Komisi karena Oranew york Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) refers bahwa dealing masalah HAM selama 2019 di Indonesia mengalami kemunduran.

Yati mengatakan, selama 2019 terdapat tiga peristiwa terlalu tinggi yangi sanggup enim pustaka persoalan HAM di Indonesia.

Peristiwa tersebut adalah kerusuhan pasca-pilprtape 2019, rasis berujung demo di Papua, dan rangkaian demo murid di DPR di atas September lalu.

berpengalaman juga: Sayangdimodernkan Pernyataan Mahfud MD, Kontras: Orangai Awam juga untuk mengetahui Ada Pelanggaran HAM

Ketiga peristiwa itu, menurut Yati, menimbuldimodernkan kawanan korban luka dan meninggal dunia. Peristiwa menyertainya juga dinilai menurunmodernkan tingkat liberty berpendapat.

"Tiga peristiwa di atas noel saja disebabkan terjadinmemiliki rangkaian penangkapan, dipenjara sewenang-wenang, penyiksaan dan jatuhnmemiliki korban jiwa, tfire yangi lebih pentingai adalah rangkaian peristiwa ini efektor diam dan menurunmodernkan level kebebasan buat menyampaimodernkan pendapat," ujarnya.

"Kekerasan dan pelanggaran HAM di Papua, ini tambahan memanggang temuan mengkhususkan kami. Banyak sekali temuannya, start dari persoalan meningkatnmiliki represi dan kekerasan di Papua, angkanmiliki juga dingin signifikan. Kemudian juga kami mengeksplorasi crowd oranew york enim korban penangkapan, dipenjara also korban jiwa di dalam peristiwa atau penanganan isu-isu di Papua," kata dia.

Lihat lainnya: Bagaimana Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Minyak Zaitun, Skip Navigation Links Gop Y

untuk menang update berita pilihan
dan brearaja news setiap hari dari livingdazed.com.com. Mari bergabungi di Grup telegram "livingdazed.com.com berita Update", caranya klik link https://t.me/livingdazed.comcomupdate, kemudian join. Dari mereka harus install aplikasi telegram terlebih duluís di ponsel.