JAKARTA, livingdazed.com.com - peneliti Komisi untuk Oranew york Hilang dan Korban Tibukan Kekerasan (Kontras) Arif Nur Fikri melaporkan bien pelanggaran baik Asasi manusia (HAM) sepanjang 2020.

Anda sedang menonton: Contoh kasus pelanggaran ham di indonesia 2020

Berdasarmodern pemaparannya, terdapat 40 peristiwa pelbudget HAM di Papua yanew york termemanggang since Januari-November 2020.

Ia melanjutkan, 40 kasus terpanggilan didominasi malalui kasus kekerasan berupa penembakan, penganiayaan, dan penangwhile sewenang-wenangi malalui aparat.

baca juga: aku HAM Sedunia, komnnas HAM: Tak Boleh Dibiarmodernkan Orangi bawaan Kekerasan

kontras mendokumentasikan, dari 40 kasus terpanggilan setidaknmemiliki mengakibatdimodernkan 276 orangi menenim korban baik ditangkap, luka-luka maupun meninggal dunia.

"Rata-rata korbannmemiliki adalah warga sipil. Dan ini terus termemanggang secara berulang setiap tahunnya," ucap dia.


untuk menang informasi, ilham dan insight di email kamu.Daftarmodern email


malalui untuk itu, ia mebiaya tidak efektifnmiliki militerisme dalam perlakuan setiap peristiwa kekerasan di Papua.

Menurut Arif, halaman ini mendesak perlouis dievaluasi melalui pemerintah dan Dewan Perwakilan person (DPR).

"untuk selama ini noël ada penaksiran dari aktor-aktor military terkait pelbudget HAM di Papua," ujarnya.

dibaca juga: catatan hari HAM, kontras Soroti Pelanggaran gratis Berekspresi Termemliki UU Cipta Kerja

Selain itu, Arif meusing bahwa nomor ataukah jumlah peristiwa kekerasan di Papua tidak dibarenew york dengan transparansi yangai semestinya menjamin akuntabilitas.


Ia mencontohdimodernkan peristiwa bagaimana itu? otoritas does aksi pemblokiran internet such tindbecome overhead peristiwa kericuhan di Papua diatas di atas Agustus sampai awal September 2019.

Adapun peristiwa terpanggilan diawali dari adanmemiliki aksi rasialisme terhadap sejumlah mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur, Agustus 2019.

Aksi rasialisme menemani itu pun ditanggapi menjangkau adanmiliki demonstrasi di berbagai menyiksa di bumi cendrawasih tersebut.

berpengalaman juga: Amnesty International: Negara Ini Sekarangi Mengbawaan Krisis HAM

otoritas menanggapi adanmemiliki menunjukkan besar-beanjuran di Papua mencapai cara memblokir ataukah melambatkan koneksi internet di Papua.

seperti diketahui, makanan Tata Usaha Negara (PTUN) jakarta also telah menyatakan Presiden Joko Widodo dan Kementerian Komunikasi dan Informatika berdeviasi atas tindini adalah tersebut.

"Ini menenim pemanggilan rumah (PR) otoritasnya yanew york selaluís kita ingatmodernkan bahwa angka-nomor kekerasan yang ada di Papua harus dipikirkan. Otoritas ke depannya setidaknmiliki harus meminimalisir angka-nomor itu," terang Arif.

Berdasarkan catatan, pada Januari 2020 terdapat 5 kasus peristiwa kekerasan HAM di Papua, 3 kasus di ~ Februari, Maret 2 kasus, April 3 kasus, Mei 4 kasus, Juni 2 kasus, Juli 4 kasus, Agustus 4 kasus, September 6 kasus, Oktober 2 kasus, dan November 5 kasus.

Lihat lainnya: Cara Upload Foto Instagram Melalui Pc, Ini Cara Upload Foto Instagram Di Pc, Mudah Kok!

mendulang update berita pilihan
dan brearaja news setiap aku dari livingdazed.com.com. Mari bergabung di Grup telegram "livingdazed.com.com news Update", caranya klik link https://t.me/livingdazed.comcomupdate, kemudian join. Milik mereka harus install aplikasi telegram terlebih dulu di ponsel.