Terkriminalitas kasus skelembaban terkait delegasi gula impor itu kini telah mendapat pengurangan hupatogennya kejahatan penjara dan denda.

Anda sedang menonton: Contoh kasus korupsi di indonesia 2016

Berikut adalah bepergian kasus Irman since mulai persidangan hingga PK dikabulmodernkan MA:

1. Didakwa terima Rp 100 juta


Skelembaban tersebut terkait pengaturan delegasi gula impor dari membelai Bulog untuk disalurmodern setelah sumatra Barat.

dibaca juga: Irman Gusman Bagi-bagi secara baik Saat Sidangi menyerah PK


Irman diduga menggunakan pengaruhnmiliki karena mengatur pemberian delegasi gula impor dari perum Bulog kepada perusahaan milik Xaveriandy.

Awalnya Memi, istri Direktur CV Semesta Berjaya, Xaveriandy Sutanto, menemui Irman di kediamannmemiliki pada 21 Juli 2016.

batin pertemuan, Memi menyampaikan, bahwa CV Semesta Berjamemiliki telah mengkirimkan permohonan pembelian gula impor yangi lebih güns kepada perum Bulog Dipenglihatan Regional (Divre) Sumbatang sebanyak 3.000 ton.

Namun, permohonan belikan terpanggilan lama noel direspopejarakan melalui perum Bulog. Untuk itu, Memi meuntuk bertanya Irman agar help CV Semesta Berjamemiliki dapat pembelian gula impor.

Irman pun menyanggupi mencapai syarat ada fee Rp 300 per kilogram atas gula impor membelai Bulog yanew york ini adalah dipermelalui CV Semesta Berjaya. Permintaan menyertainya disanggupi Memi.

Selang satu hari, Irman menghubungi pengelola membelai Bulog, Djarot Kusumayakti. Ia mebertanya tentang agar Bulog menyalurdimodernkan gula impor oleh Divre Bulog Sumbar.

baca juga: Mantan Keperilaku DPD Irman Gusman kirimkan PK

Sebab, jika disuplai melalui Jakarta, mengakibatkan harga gula mahal.

melalui buat itu, Irman menyampaimodern kedi ~ Djarot Kusumayakti bahwa dirinmemiliki merekomendasimodern Memi kemudian teman lamanmemiliki yanew york pribadi CV Semesta Berjamemiliki kemudian pibaik yang dapat dipercamemiliki untuk menyalurkan gula impor tersebut.

buat yangai meminta adalah Irman selaku Kebasi DPD saat itu, Djarot Kusumayakti menyanggupinmemiliki dan kemudian mebertanya tentang angka ponsel luaran Memi.

kemudian Djarot menghubungi Memi menyampaimodern ini adalah mengalokasidimodernkan gula impor perum Bulog untuk Provinsi Sumbar benar permintaan tersebut.

ke itu, Djarot menghubung Kepala perum Bulog Divre Sumbar, Benhur Ngkaimi, dan menyampaidimodernkan pesan yanew york diberimodern Irman karena memberimodern penugasan kedi atas perusahaannya Memi.Benhur menyanggupi arahan Djarot.

diatas 23 Juli 2016, Benhur memberitahumodern Memi bahwa perusahaannmemiliki telah menuntuk menang penugasan belikan gula impor dari perum Bulog.

dibaca juga: Irman Gusman Divoni 4,5 lima Penjara

Harga yangai ditawarkan Bulog jauhnya lebih murah. Saat itu, harga gula per kilogram dengan Rp 16.000. Sementara, harga yanew york ditawardimodernkan Bulog berkisar antara Rp 11.500 – Rp 11.600 per kilogram.


kontingen gula impor akhirnya didistribusimodernkan sechara bertahap, yaitu 1.000 ton terlebih dahulu.

2. Dituntut 7 tahun penjara

jaksa also adjuvan ke kanan politika Irman dicabut selama tiga lima sejak Irman selkarangan menjalani masa pidana pokoknya.

dalam pertimbangannya, jaksa menilai perbuatan Irman noel mendukung otoritas di dalam pemberantasan korupsi. Irman dibiaya telah menyalahgunbecome wewenang untuk memperkaya diri

harus baca juga: menjual Beli Pengaruh dan Pencabutan daratkan politik Irman Gusman

Senator dari menyiksa sumatra barat menemani itu tambahan noël mengakui perbuatan selama di persidangan.

3. Divonis 4,5 lima penjara

Irman juga diwajibkan membayar denda Rp 200 juta subsider tiga moon kurungan.

Menurut majelis hakim, Irman terpembuktian melanggar Porigin 12 huruf b Undang-Undanew york nomor 31 lima 1999 sedi mana diubah di dalam UU nomor 20 tahun 2001 tentangi Pemberantasan Tibukan kejahatan Korupsi.

di dalam pertimbangannya, majelis terhukum berpendapat bahwa Irman telah mencederai amanat kemudian Keperilaku DPD RI.

Irman tidak mendukungi otoritasnya di dalam pemberantasan korupsi. Selain itu, Irman noël berterus teranew york di dalam persidangan.

harus baca juga: Sidangai PK, Irman Gusman Serahmodernkan Tiga pembuktian Baru kediatas terhukum

saya setuju mencapai tuntutan jaksa, hakim pun mencabut baik politik Irman selama tiga lima since Irman selkarangan menjalani masa kriminalitas pokoknya.

Majelis hakim menilai, pencabutan seluruh atau sebagian hak terdakwa yang diberikan pemerintah bergawangnya untuk melindungi publik dari kemungkinan terpilihnmemiliki seseorangai yangai berperilaku koruptif di dalam jabatan publik.

Terlebih lagi, menurut hakim, jabatan seperti anggota DPR, MPR, ataukah DPD adalah jabatan umumhalaman yangi ditugasdimodernkan untuk memperjuangmodernkan aspirasi masyarakat.

Maka, dihukum berpendapat bahwa jabatan-jabatan terpanggilan sudah selayaknmemiliki diisi melalui orang-orangi yang bersih dari başı korupsi.

Saat itu, Irman perhitungan bukti keterlibatannmemiliki batin kasus korupsi merumakanan berwujud pembelajaran bagi dirinmemiliki sendiri. Di ~ perkembangannya, Irman pun dipote ke Lapas Sukamiskin.

4. Kirim PK dan dikabulkan

Seiringi bepergian waktu, Irman pun mengajukan upamemiliki hukum peninjauan back (PK) ke Mahkamah Agung. Irman mengharapkan mendapat keringanan hukuman.


dibaca juga: membahas secara baik tentangai Irman Gusman, Akbar Tandjungai dan Hamdan Zoelva Berbagi Testimoni

Irman berharap upamemiliki bertindak ini dapat dipertimbangdimodernkan melalui hakim. Irman percaya terhukum agung ini adalah memberikan judicial terhadapnya.

Tim pembantu bertindak Irman saat itu mengatakan, ada tiga novum atau bukti baru yang dilampirkan batin memori templat PK tersebut.

"Benar. Putusan terpanggilan dimenjatuhkan diatas hari Selasa, 24 September 2019 melalui majelis saya menerima kalimat PK yang diketuai malalui Suhadi dan Eddy Army dan Abdul Latif masing-masingai such terhukum anggota," kata Andi.

Majelis hakim PK membatalkan putusan piring Tibukan kejahatan Korupsi jakarta terpanggilan dan then majelis terhukum PK iklan sendiri.

"Menyatini adalah pemohon PK terpembuktian sechara sah dan pengakuan bersalah melakukan tibukan kriminalitas korupsi sebagaimana itu? yangai tersusun dalam Pasal 11 Undang-undang Tipikor, menjatuh kejahatan penjara selama 3 (tiga) lima dan bagus Rp 50 juta subsider 1 (satu) moon kurungan," kata Andi.

harus baca juga: KPK Harap MA langsung Putuskan PK yang Dikirim Irman Gusman

Majelis terhukum PK berpendapat, dari fakta hukum yangi terungkap di persidangan, perbuatan Irman lebih tepat dikenbecome Pasal 11.

"Sehingga putusan judex facti yangi menerapmodernkan Pasal 12 huruf b Undang-undangai Tipikor dan menjatuhkan pidana penjara 4 (empat) lima 6 (enam) moon denda Rp 200 million subsider 3 (tiga) bulan kurungan, tidak benar sehingga permohonan Pemohon PK beralasannya menurut bertindak dan keadilan untuk dikabulkan," kata Andi.

Selain hukuman tiga tahun penjara dan bagus Rp 50 juta subsider 1 bulan kurungan, majelis dihukum PK also dengan tegas mencabut daratkan politik Irman selama tiga lima terhitungi since Irman selesai menjalani masa kriminalitas pokoknya.

5. Respons KPK

Juru satrat KPK Febri Diansyah mengatakan, KPK menghordies putusan tersebut.

Febri mengingatkan, dikuranginya masa hupatogen dalam putusan MA menemani itu noël bermakna tambahan Irman noël termembuktikan does tibukan kejahatan korupsi.

baca juga: MA Kurang Hupatogennya Irman Gusman, Ini Kata KPK

Ia menjelaskan, Porigin 11 UU Tipikor yangai ditetes MA kediatas Irman alih-alih Pasal 12 huruf b UU Tipikor yanew york dijatuhkan majelis terhukum pengadilan Negeri Tipikor champa militer mendemonstrasikan bahwa Irman telah does tibukan kejahatan korupsi.

Terlepas dari putusan itu, Febri berharap aspek-aspek yangi lebih di dalam seperti rasa keadilan publik usai depannmemiliki lebih dipertimbangmodern sechara lebih serius.

"Terutama untuk tindak pidana korupsi memiliki untuk kita kenal sekarangi kawanan yanew york mengajukan peninjauan kembali," kata Febri.


livingdazed.com TV Presiden Joko Widodo mempertimbangkan, mengeluarmodern perpolitik pemerintah pengganti undang-undang KPK. Hal ini disampaimodern PresidenJokowinanti bertemu dengansejumlahtokoh dan praktisi hukumdi Istana Merdeka. batin pertemuan tersebut, presiden mengaku mendapat berbagai masumodern dari para tokoh untuk publique Perppu KPK untuk anck tuntutan mahasiswa. Presiden berjanji ini adalah mempertimbangkan usulan mengeluarkan Perppu KPK. Sebelum berbertemu para tokoh dan praktisi hukum, presiden also berargumen mencapai tokoh linberpenaruh agama buat memperdebatan isu terkini di negara air.

Lihat lainnya: Cara Mengembangkan Usaha Kecil Menjadi Besar, Ketahui 7, Tips Mengembangkan Bisnis Kecil Menjadi Besar


mendulang update berita pilihan dan brearaja news setiap days dari livingdazed.com.com. Mari bergabunew york di Grup telegram "livingdazed.com.com news Update", caranmiliki mengklik link https://t.me/livingdazed.comcomupdate, kemudian join. Their harus install aplikasi telegram terlebih duluís di ponsel.