Jakarta, IDN Times - Aksi penyerangan rumah ibadah kembali di atas days ini, Minggu (11/2). Kali ini, jemaat kehati-hatian St Lidwina, Sleman, Yogyakarta yangai sedangai menoperasi ibadah Minggu, menenim sasaran usaiseorangi pemuda asal Banyuwangi, Jawa Timur, memmembawa pedanew york dan menyeranew york masuk.

Anda sedang menonton: Contoh kasus intoleransi antar umat beragama

atas peristiwa ini, diketahui tahun orangi terluka, implisit seorangai pastor.

Ternyata, kejadian penyerangan rumah ibadah maupun kegiatan keagamaan ndak sekali terjadi. Setidaknya ada enam kejadian serupa yangi menciitu toleransi di Indonesia. Berikut temukan IDN Times:


1. Penyerangan Klentengi di Kediri


figure flickriver.com

Dilansir dari beritajatim.com, ruang angkasa ibadah bagi etnis Tionghoa yangai letaknmemiliki berada di tepi Sung Brantas ini dilempari batu tentang kota 21.30 WIB. Sampah pembunuh itu mengenai jendela dari jernih kaca. Akibatnya, kaca jendela pecah.

Beruntungi aparat Kepolisian langsung datanew york usai dihubungai pengurus klenteng. Pelakunya pun bertujuan diamankan.

dibaca juga: gereja St. Lidwina Yogyakarta Diseranew york Peanak laki-laki yang Memmembawa Pedang


2. Aksi sosial jemaat lebih terang gagal untuk ditudingai kristenisasi


*
ANTARA FOTO/Rahmad

Sejumlah ukuran mengatasnamakan ourselves mereka Front Jihad Ibang (FJI) dan bebermaafkan saya ormas lainnya, membubardimodernkan secara paksa acara bakti sosial yangai digelar gereja Katolik Santopaulus Pringgolayan, Bantul, Yogyakarta, Minggu (28/1) lalu.

Mulanya, jemaat gereja santo paul akan menjual sembako senjata sebagai potongan dari acara upacara perayaan upanjang five gereja. Namun aksi ini terpaksa dibatalkan untuk dianggap upaya kristenisasi.

Menurut persuasi pike kanan gereja, acara sosial menemani itu sengaja dilakumodernkan indoors Kepada Dusun Jaranan untuk ingin membaur mencapai sosial setempat. Kejadian ini pun diselesaidimodernkan lewat merenungkan bersama pihak-pidaratkan yang terkait danmemutuskan membuat surat pernyataan melepaskan acara.

Insiden intoleransi agama ini bukan pertama kali di Kabupaten Bantul, karena seorangi camat beragama Katolik juga pernah dilambungkan sedoan warga di atas Februari 2017 lalu.


3. Melayani di Sabuga Bandung dibubarmodernkan melalui ormas Islam


*
IDN Times/Sukma Shakti

Kebaşı pertahanan Ahlus Sunnah (PAS) Muhammad Roin, seperti cited dari Antara, mebertanya penyelenggara melayani Kebangunan rohani (KKR) memindahdimodernkan kegiatan keagamaan terpanggilan usai rumah ibadah, ndak di fasilitas umum.

nanti berdiskusi, panitia pelaksana KKR sepakat menuruti permintaan mass dengan menghentidimodernkan melayani sesi detik yang mestinmiliki digelar pada mmakhluk hari.


Lanjutkan memdibaca item under

Editor’s picks


4. Biksu dilarangberibadah di Tangerang


*
malu via etsy.com

Sebuah video yangi pameran seoranew york biksu dan umatnmemiliki dilarangi beribadah di Desa Babat, Kecamatan Legok, Tangerang, viral di medialah sosial.

Sebelumnya, masyarakat also sempat meuntuk bertanya Mulyanto Nurhalim selaku biksu di kampung tersebut buat pcantik dari sana. Pasalnya, burger resah karena meusing biksu terpanggilan does ibadah mencapai mengundang jemaat dari luar, hingga adopsi biksu terpanggilan menjadi mengajak orangai lain karena dimasukkan agama Budha.

Namun, burger terbenar deviasi paham, buat yanew york datang usai situsekadar memberry mbecome biksu saja. Meski demikian, kejadian ini telah diselesaimodernkan sechara kintagana usai polisi dan seluruh elemen sosial setempat does musyarawarah.

Mereka memastimodern rumah Biksu Mulyanto bukan rumah ibadah kemudian kecurigaan roti isi daging selama ini.


5. Kehati-hatian di Samarinda dilempar bom molotov, anak enim korban


*
Polisi menyisir TKP penyerangan di gereja St Lidwina Sleman, Yogyakarta ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Aksi takut yang dilakumodernkan malalui simpatisian ISIS di gereja Oikumene, Sengkotek, Samarinda Kalimantan Timur, di atas Minggu, 13 November 2016, hingga kini masih menyismenjadi pilu bagi korban.

Seorangi pria menyergap pengeboman rakitan di halaman preventer selama jemaat does kebaktian.

Seorangai balita usia dua lima bernama belakang Intan Olivia Marbun meninggal acibe luka bakar akar yangi terutang parah. Sementara tiga anak lainnmiliki mengbawaan wound yangi tak kalah serius. Padachapter sebelum peristiwa nahas ini terjadi, anak-anak terpanggilan markas besar bershang cita bermain di halaman gereja.


6. Pastor lebih terang di Medan nyaris enim korban bom bunuh ourselves saat pimpinning misa


*
IDN Times/Istimewa

pembunuh itu berinisial IAH menyertainya ikut duduk di di dalam kehati-hatian Katolik St Yosep Medan dan ~ berpura-pura menenim jemaat. IAH langsunew york mendekati Albert mencapai memmembawa sebilah pisau dan dibom rakitan di batin tas.

Tetapi, belum tiba di dokter altar, muncul percimodern api dari tas ranselnya. Tas akun itu then ikut terbakar.

Melihat gelagat masa pubertas yang mencurigakan, Albert bergyeongju dan menghindar. Tetapi, IAH dengan tegas kejar dia Pastor Albert sehingga memkarena jemaat heboh dan berhamburan bergyeongju usai luar gereja.

Lihat lainnya: Panduan Dan Tata Cara Shalat Ied Idul Fitri Sendiri Di, Tata Cara Sholat Idul Adha Di Rumah

Sebagian mencoba menyelamatkan Albert mencapai penangkap IAH. Nanti tertangkap, ia kemudian polemik berpenaruh dari pelaku. Beruntung, dibom belum sempat meledak.

Jemaat kemudian panggilan telepon polisi dan menyerahdimodernkan pelaku agar segera ditahan. Di di dalam kantong ransel pelaku, selain ditemukan bombarded yanew york untuk melepaskan meledak, polcontent turut menemukan kertas yangi dicat, dll mirip mencapai bendera ISIS.

berpengalaman juga: Ini dialah kronologi dan Identiberpenaruh pembunuh itu dari takut dibom dalam lebih terang di Medan