Pantun merupapan jenis pucontent lama accordingly baitnmiliki terourselves dari empat pahatan yanew york bercontent sampiran dan isi. Kata “pantun” sendiri berasal dari bahasa Minangkabau yamenemani itu “panutun” yang berarti “petuntun”. Pantun memili ciri-ciri khas tersendiri dan juga beragam jenisnya. Di ~ jadwal acara ini, itupenggunaan become memdebat mengenai macam – macam pantun beserta contohnya.

Anda sedang menonton: Contoh jenis jenis pantun beserta contohnya

Sebelum dimasukkan ke macam – macam pantun, dari mereka sebaiknya mengetahui ciri – ciri pantun terlebih dahulu. Umumnya, bait pantun biasanmemiliki terdiri dari empat baris yangi suram (a-b-a-b atau a-a-b-b), tiap baris biasanmiliki terourselves overhead 4-6 kata ataukah 8-12 suku kata, garis duluan dan garis senin merupakan tumpuan (sampiran) dan baris ketiga dan keempat merumemberi makan isi.


untuk informasi lebih lanjut mengenai macam – macam pantun, mari simak penjelasan dibawah ini.


berpesta Isi


Macam – Macam PantunI. Macam – macam pantun berdasardimodernkan siklus kehidupan (usia)II. Jenis pantun berdasardimodernkan isinya

Macam – Macam Pantun

Pantun terdiri dari beragam types yangi dikategorikan berdasardimodernkan siklus kehidupan (usia) dan isinya. Berikut dibawah ini penjabaran dari senin kategori tersebut.


I. Macam – macam pantun berdasarmodernkan siklus kehidupan (usia)

1. Pantun anak – anak

*
Pantun orangai anak laki-laki merupakan deviasi satu jenis pantun yangi berkaitan menjangkau kehidupan masa muda baik tentangi perkenalan, asmara/percintaan, rumah tangga, perpisahan, perasaan, nasib, kebiasaan, dan yanew york lainnya.

Contoh:

nanti semarang together dinapembelian oleh-melalui dan bonekaBergeraklah para jiwa mudaBepergerakan mencapai semangat membara

thiên menemani itu warnanmemiliki biruSiangi days cuaca cerahtrấn ini begakun itu rindumau jumpa kekasih tercinta

3. Pantun orangai tua

*
Pantun jenaka merupapan deviasi satu jenis pantun yangai menceritakan hal-chapter yangi lucu dan menarik. Tujuan dari pantun ini adalah karena itu membuatnya menyenangkan para pendengarnmemiliki dan mencairmodern suasana. Pantun jenaka ini tambahan used untuk menyampaimodernkan sindiran yang dikemas batin bentuk jenaka.

Contoh:

Duduk manis di bibir pantaimelihat gadis, aduhai tiada duaMasa bocah kebanyakan santaisiap renta padat tertawa

Burungai terbanew york memaksai topiTerbangi keawan seperti mimpiTerlinge trấn buat geliMelihat kuda asyik bernyanyi

2. Pantun teka-teki

Pantun teka-teki merumemberi makan deviasi satu types pantun yang berisi sebuah teka-teki yang biasanmiliki memberimodern kesempatan kediatas para pendengarnmemiliki buat angklung teka-teki didi dalam pantun.


5. Pantun berkasih-kasihan

Pantun berkasih-kasihan merupakan salah satu jenis pantun yangi berkaitan mencapai cinta, romantisme, asmara dan kasih sayang. Biasanya, pucontent ini diperpanjang di kalangan muda-mudi Melayu, tujuannmemiliki adalah buat menyampaimodernkan perasaan kediatas orangai yanew york disayangai atau disukai.

Contoh:

jernih siap muram si dudauntuk kasihnmemiliki tiada lagi asaTiada senin bias permukaanbutuh dindaHingga lapar tak another terasa

Coba-coba bertanam kembangMoga-moga menjadi jelitaCoba-coba menanam sayangMoga-moga tertanam cinta

6. Pantun agama

Pantun atempat pembakaran merupakan deviasi satu jenis pantun yang berisimodern hal-halaman yang berkaitan mencapai manusia mencapai pencipta-Nmemiliki sebagai dakwah. Hasil dari pantun ini adalah buat mengajak umat ​​manusia melakukan jenis didi dalam hidupnmemiliki dan mengajarkan pengeluaran – biaya moral dan religius.

Contoh:

trete ke hajatan biar dapat jenangTergurat pesona kembangi mayangJika trần terasa tak tenangObatilah dengan sembahyang

trete ke market together BundaJangan dilupakan membawa bekalworld ini just sementaraKelak akhirat selamanmiliki kekal

7. Pantun Adat Istiadat

*
Pantun adat istiadat merumemberi makan deviasi satu jenis pantun yang bercontent pepatah, petuah nasehat, dan tambahan tradisi leluhur yanew york harus dipelihara. Biasanya, pantun ini used untuk menjunjungi tinggi pengeluaran adat istiadat dan such perpolitik atau norma didi dalam masyarakat.

Lihat lainnya: Cara Merubah Format Pdf Ke Word ) (Online & Free), Pdf To Doc (Word) (Online & Free)

Contoh:

Buah nanas jangan diparutKalau diparut sarinmemiliki hilangtrấn panasnya jangan diturutKalau diturut akalpun hilang

bukan lebah sembarangi lebahbien bersaranew york di secara baik buluhndak sembah sembarangai sembahSembarang bersarang jari sepuluh

8. Pantun Perpisahan

Pantun perpisahan merupapan salah satu types pantun mengenai perpisahan dan diceraikannya yang berisi duka cita dan nyeri tetapi bukan perpisahan untuk kematian.

Contoh:

Pucuk mangga delima batuAnak sembilang di tapak tanganBiar kurang sopan di negeri satuHilang di mata di trần jangan