Gerak Mecakupan Bemusang Beraturanpercepatan pada Gerak Mebulat Berubah Beraturan (GMBB)rumus tautan Roda-rodanya yangai Bersinggungan

Gerak Mebulat Bemusang Beraturan

*

di atas GMBB benda mengalami dua macam percepatan, yamenyertainya percepatan sentripetal (as) dan percepatan tangensial (at). Percepatan sentripetal selaluís menuju nanti markas besar lingkaran, sedangmodern percepatan tangensial menyinggungai lingkaran. Percepatan total di dalam GMBB adalah jumlah vektor dari detik percepatan tersebut.

Anda sedang menonton: Contoh gerak melingkar berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari

percepatan diatas Gerak Melingkar Beweasel Berpolicy (GMBB)

*

di ~ GMBB benda mengalami percepatan sentripetal dan percepatan tangensialBerdasarmodernkan gambar di atas, ditidak bahwa percepatan sentripetal dan percepatan tangensial salingai megging lurus. Oleh untuk itu, percepatan totalnmiliki adalah seperti berikut.

*

Sedangkan direction percepatan kasar terhadap direction radial, yaitu θ dapat dihitungai mencapai perbandingan tangen.

*

di dalam kehidupan sehari-hari, Gerak Melingkaran Beweasel Beraturan (GMBB) bisa ~ kita amati diatas orang bergaul sepeda motor terlihat rodanya kendaraan berbelok dari keadaan membungkam kemudian tarikan increasingly lama makin cepat sampai finite laju perputaran rodanya terpanggilan tetap. Gerak melingkaran roda kendaraan terpanggilan memutar makin lama makin cepat jika perunyata perbandingan sudutnya militer maka gerakan tersebut disebut gerak melingkar berubah beraturan.

Gerak Melingkaran Beweasel Beraturan (GMBB) dapat also kita amati di ~ aset gerak diatas sepeda ontel.

Coba kita amati sistem gerak di ~ sepeda ontel under ini:

*

Sepeda ontel ini adalah bergerak perlindungan jika itupenggunaan kayuh pedal setelah depan. Maka injbecome feet yangi kita berimodern pada pedal sepeda terpanggilan memutar gir depan. Gir dore dihubungkan dengan gir belakanew york menggunmenjadi rantai menyebabkan sepeda dapat bergerak. Jika kalian asekarat lainnya lukisan di atas, antara gir depan dan gir belakangai koneksi menggunini adalah rantai. Sementara itu, gir belakangi dan rosa belakangai mempunyai satu markas besar atau berada pada satu as.

dengan demikian, di ~ sistem gerak sepeda ontel terdapat 3 menghubung yangai berbeda, yaitu:

hubungan pertama adalah antara gir belakang mencapai rosa yangai berada di atas satu pusat ataukah as dan dinambecome menghubung roda-rosa setengah (seporos).koneksi yangai kedua adalah antara gir belakangai mencapai gir dokter yangi koneksi dengan tali (rantai), menghubung ini dinamakan koneksi roda-rosa yanew york koneksi menjangkau sabuk ataukah rantai.koneksi roda-rosa yangi bersinggungan.

Mari kita bahas satu persatu.

resep menghubung Roda-rosa Sepusat

*

lukisan di ~ adalah contoh figure menghubung roda-rosa satu retakan ataukah satu tengah sebagai hubungan rodanya di ~ gir belakangi menjangkau roda belakangai sepeda ontel. Memanggang anggap saja dua lingkaran di atas adalah gir dan roda sepeda. Di atas saat sepeda bergerak maju, rosa belakangai tarikan sedirection jarum jam. Demikian pula mencapai gir belakang.

setelah sepanjang times tertentu, gir belakangai dan rosa menempuh posisi sudut yangai sama. Ini berarti, rate tepian gir belakangi dan roda belakanew york adalah sama. Jadi, di atas roda-rodanya yangai semarkas besar berlaku resep ataukah sederajat sebagai berikut:

*

*

Contoh Soal:

Dua buah roda A dan B yang berada pada satu fissures luaran jari-jari 2 cm dan 8 cm, kemudian yang terlihat di ~ cat, dll dibawah ini. Jika perbandingan linear rodanya A adalah 6 m/s, tentukan:a) perbandingan tepian roda Ab) rate linear dan perbandingan pojok rosa B

*

Penyelesaian:RA = 2 cm = 0,02 mRB = 8 cm = 0,08 mvA = 6 m/sDitanya: ωA, vB dan ωB

a) perbandingan pojok rodanya A dapat dihitunew york menjangkau resep berikut:ωA = vA/RAωA = 6/0,02ωA = 300 rad/s

b) rosa A dan B adalah roda-rosa sepusat, sehingga berlaku sama berikut:ωB = ωAωB = 300 rad/sperbandingan linear dapat dihitung menjangkau sama berikut:vB = ωB × R (rumus hubungan besaran pojok menjangkau linear)vB = 300 × 0,08vB = 24 m/s

rumus hubungan Roda-rodanya yang dihubungkan menjangkau Rantai

*

lukisan di atas adalah contoh ilustrasi koneksi roda-rosa yang koneksi mencapai sabuk atau berantai seperti koneksi roda pada gir belakangi menjangkau gir dokter sepeda ontel. Memanggang anggap saja dua cakupan pada adalah gir belakang dan gir dore sepeda. Selagi sepeda bergerak maju, gir dore dan gir belakangai ini adalah berbelok searah jarum jam. Sehingga dapat orang orang bilang direction kecepatan tepian kedua gir adalah sama.

Dari pengertian kecepatan linear, kita tahu bahwa arah kecepatan linear selaluís menyinggungai lingkaran. Rantai ataukah tali yang used untuk menghubungmodern gir belakang dan gir depan, dipasanew york di atas sebelah luar setiap gir. Diatas saat bergerak, rate rantai ataukah tali menyinggungai potongan luar gir. Sehingga dapat disimpulkan bahwa direction dan geram kecepatan linear (tangensial) pada dua rodanya yangi terhubung mencapai tali atau berantai adalah sama. Sehingga berlaku persamaan seperti berikut:

*

Contoh SoalDua buah rodanya terhubung dengan rantai. Rosa yangi lebih kecil menjangkau jari-jari 8 cm rotasi diatas 100 rad/s. Jika jari-jari rodanya yangai lebih terlalu tinggi adalah 15 cm, berapakah rate linear kedua rodanya tersebut? Dan berapa juga perbandingan pojok rodanya yang lebih besar?

*

PenyelesaianR1 = 8 cm = 0,08 mR2 = 15 cm = 0,15 mω1 = 100 rad/sDitanya: kecepatan linear rosa 1 dan 2

Dua rodanya yanew york koneksi mencapai tali ataukah sabuk memiliki kecepatan linear yangai kesamaan besar. Jadi kecepatan linear kedua rosa terpanggilan adalah v1 = v2perbandingan linear rodanya 1v1 = ω1 × R1v1 = 100 × 0,08v1 = 8 m/srate linear rodanya 2v2 = v1v2 = 8 m/sperbandingan sudut roda 2v2 = ω2 × R2ω2 = v2/ R2ω2 = 8/0,15ω2 = 53,33 rad/s

rumus koneksi Roda-rosa yangai Bersinggungan

*

koneksi roda-rodanya yanew york bersinggungan dapat kita jumpai pada machin jam analog, sesuai machin jam terpanggilan menggunini adalah roda-rodanya bergerigi yang salinew york bersinggungan satu sama lain. Jika kita tidak percaya, silahdimodernkan kalian bongkar pukul dindinew york atau kota tangan sama, serupa kalian. Lukis diatas adalah contoh ilustrasi dua roda yangai bersinggungan.Jika roda yangai lebih besar tarikan sedirection jarum jam, maka rosa yangi lebih kecil akan berputar berlawanan direction jarum pukul sehingga dapat konon arah kecepatan pojok di atas dua rosa yanew york bersinggungan adalah berlawanan. Akan tetapi, diatas ketentuan persinggungan, geram rate linear senin rodanya adalah sama. Sedangdimodernkan perbandingan angulernmiliki akan berbeda, bergua diatas jari-jari masing-masinew york rosa atau jumlah gir yang dimilikinya. Enim di atas dua rodanya yangai saling bersinggungan berlaku persamaan berikut:vA = vBKeterangan:ωRA = ωBRBω = perbandingan tepian (rad/s)

v = perbandingan linear (m/s)

R = jari-jari (m)

Jika dua rodanya yang bersinggungan pribadi jumlah gerigi (gigi) sekerumunan nA dan nB, maka berlaku sama kemudian berikut:

*

sederajat tersebut memberi arti bahwa perbandingan sudut yanew york dimiliki roda-rodanya yangi bersinggungan berbandingi menggoreng menjangkau jumlah gigi yangai dimilikinya. Pernyataan ini dapat itupenggunaan lihat kebenarannya saat memelihat dua roda mencapai jumlah gigi yangi berbeda. Roda dengan jumlah gigi yangai lebih kerumunan menjadi memutar lebih lambat daripada rodanya mencapai jumlah gigi sedikit.

Lihat lainnya: Cara Upgrade Windows 8 Ke Windows 8.1 Tanpa Instal Ulang, Download Windows 8

Contoh Soal :

Dua buah silinder bersinggungan reksa kemudian di ~ gambar di bawah ini. Ditidak sah jari-jari dari masing-masing silinder segeram RA = 50 cm dan RB = 30 cm. Then silinnder B dihubungkan pada machin penggerak sehingga dapat memutar dengan perbandingan tepian firmicutes 5 rad/s. Jika kedua silinder dapat berbelok tanpa slip, tekad perbandingan linear silinder A dan B serta perbandingan tepian silinder A!

PenyelesaianRA = 50 cm = 0,5 mRB = 30 cm = 0,3 mωB = 5 rad/sDitanya: rate linear silinder A dan B serta kecepatan tepian silinder A

Dua rosa dalam chapter ini silinder yang salingai bersinggungan luaran perbandingan linear yanew york kesamaan besar. Enim perbandingan linear kedua silinder terpanggilan adalah vB = vAperbandingan linear silinder BvB = ωB × RBvB = 5 × 0,3v1 = 1,5 m/sperbandingan linear silinder AvA = vBvA = 1,5 m/skecepatan pojok silinder AvA = ωA× RAωA = vA/ RAωA = 1,5/0,5ωA = 3 rad/s

Demikeian materi tentangai Gerak melingkar Beraturan, semoga bermanfaatnya untuk kita semua..