Tahukah kamu what yangi diniat dengan unsur penting dan ekstrinsik cerpen? Jika belum, berikut kita sajimodernkan ulasan lengkap mengenai unsur hakiki dan ekstrinsik cerpen. Namun sebelum memasukkan di dalam sub unsur hakiki dan ekstrinsik cerpen, mari itupenggunaan pahami terlebih dahulu what akun itu cerpen.

Anda sedang menonton: Contoh cerpen dan unsur intrinsik dan ekstrinsik


*
*
*

Selain unsur intrinsik, ada juga unsur ekstrinsik cerpen. Unsur hakiki cerpen merumemberi makan unsur yang membentuk cerpen dari luar. Ada 2 unsur ekstrinsik, yamenemani itu :

1. Latar belakangai masyarakat, yamenyertainya hal-bab yanew york mempengaruhi terbentuknmemiliki jalur cerita dalam sebuah cerpen. Misalnya terms sosial, politik, ideologi dan ekonomi masyarakat.

2. Latar belakang pengarang, yaitu hal yangai memuat tentang faktor-faktor atau termotivasi pengarangi karena memuntuk sebuah cerpen. Meliputi :

terms Psikologis, meliputi termotivasi dan mood. Terms psikologis ini sangat mempengaruhi what yangai ini adalah ditulis malalui pengarangai di di dalam cerpen.Aliran sastra, adalah sesuatu yangai berpengaruh batin gamemiliki penuverbal bahasa yangai digunakan malalui pengarang.

Contoh Cerpen Singkat

Berikut ini beberapa contoh cerpen atau cerita cacat :

1. Contoh Cerpen Anak Sekolah

Rajin Belajar

aku senin yangai cerah. Ke anak-anak melaksanmenjadi upacara bendera, mereka percepat judul kepengelasan masing-masingai buat mendapatkan pelajaran dari guru. Days ini ada mata pelajaran matematika, bahasa indonesia, PPKN, dan bahasa jawa.Mata pelajaran pertama yamenyertainya matematika. Ibu guru menyuruh mengerjbecome soal halaman 10 sampai 12. Suasana kepengelasan menjadi heningi selama para siswa sedangai mengerjmenjadi soal matematika. Usai selesai mengerjini adalah soal, medang guru berberita agar mempelajari materi perkalian dan pembagian soal tale untuk sewaktu-waktu mungkin diadini adalah ulangan dadakan.ke selesai menuntuk menang pelajaran di sekolah, semua siswa pulang kerumah masing-masing. Novi, Ita dan Mamemiliki pulang bersama beraliran kaki, untuk jarab rumah mereka noël kurang sopan dari sekolahan.“Habis mini adalah sianew york nanti itupenggunaan main yuk. Dirumahku ada wayang baru yangai dibelikan tengah dari Jakarta.” Pinta Mamemiliki diatas detik sahabatnya.“Asik.” Ucap novi mencapai full gembira.“Gimana Ta, kamu bisa ikut tidak?”“Aku noël ikut. Aku mau belajar dirumah untuk tadimodernkan tengah guru bermenodai untuk belajar dirumah. Buat ini adalah ada ulangan dadakan.” Ita angklung menjangkau polosnya.Sesampainmemiliki di rumah, Ita langsunew york ganti baju, mbecome siang, sholat dan tidur siang. Sehingga malamnmiliki ia sanggup belajar dengan tenang. Sesekali ia bermeminta kediatas kakaknmiliki jika ada yanew york kurangai paham menjangkau materi yangi sedangai ia pelajari.Sedangmodern Novi dan Maya play boneka sampai larut hingga mereka noël sempat belajar. Keesodimodernkan harinya mereka ayo pergi bersama dan sesampainmemiliki di keselebar memang ada ulangan dadakan. Novi dan Mamemiliki dirasa kesulitan saat mengerjbecome soal ulangan yanew york diberikan tengah guru. Hingga akhirnya, Novi dan Mamiliki menuntuk menang cost yanew york jelek dan harus mengikuti ulangan susulan.Lain halnya mencapai Ita. Dialah menmendulang nilai yanew york bagus bahkan paling bagus dikelasnya untuk dialah sudah belajar dengan giat sesuai nasehat gurunya. Ibu guru mebertanya tentang Novi dan Mamiliki agar belajar bersama dengan Ita.“Wah, Ta, selamat ya, kamu menmendulang cost 9,5. Esoknya aku dan Maya ikut belajar denganmu ya.” Ucap Novi kedi ~ Ita.

2. Contoh Cerpen kehidupan Sehari-hari

noel Konsisten

suara alarm yangai melelahkan beevor tidur David yang sedanew york tidur menjangkau nyenyaknya. Kemudian dia perlahan membuka matanya dan memelihat jam.“ya Tuhan!” David saya terkejut melihat jam yangai siap menunjudimodernkan pukul 7 pagi. Dia langsungi mdan saya dan merapikan ourselves lalouis bergegas tretan ke kantor. Sesampainmemiliki di kantor, tersejati dialah telat menghadiri meetingi buat jam meetinew york diajukan.“Permisi Pak. Bolehkah saya masuk?” tanya David kedi ~ bosnmemiliki yanew york sedangai sendi meeting.“Silahmodernkan duduk, Vid, tapi pesimis proyekmu aku ini digantimodern Bagus.”“Tapi kenapa, Pak? Saya hanya telat sesaat saja.”“~ no masalah sebentar atau lama. Kita disini harus profesional. Proyek itu cantik lama samiliki percayini adalah padamu tapi malah kamu noël bisa ~ konsisten. Walaupun kamu telat sebentar, ada temanmu yang bisa memberidimodernkan ide bagus buat proyek ini. Memanggang maaf, samemiliki harus mengganti kamu di dalam proyek ini.” clearly bosnmiliki mencapai tegas.Langsungi seketika David terkesunyian mencapai permukaanbutuh yanew york pucat. Setelah meetingi selkarangan David televisi persimpangan meja kerjanya.“Ada apa hari ini, Vid? Sampai kamu telat berangkat meeting?”. Ujar Toni teman sekantornya.“Ini salahku Ton. Aku begadangi nonton bola sampai larut malam volume sampai lupa ada proyek pentinew york hari ini.”“Oalah, makanmiliki utammenjadi pemanggilan daripada hobi.” Sambungai Toni sedikit menasehati.

Lihat lainnya: Selamat Jalan Kekasih Chord Lagu Chrisye Selamat Jalan Kekasih Chords


Demikian pembahasan mengenai unsur hakiki dan ekstrinsik cerpen beserta pengertian, ciri-ciri, dan contohnya. Harapan bermanfaat.