Disclosure statement

Wawan Eko Yulianto melakukan not work for, consult, own shares in or receive fundingai from any company or organization that would manfaat from this article, and has disclosed no relevant affiliatiopejarakan beyond their academic appointment.

Anda sedang menonton: Cerpen dengan unsur intrinsik dan ekstrinsik

Partners

View all partners


mulai lima ini, penulis Okky Madasari merilis buku anak yanew york berjudul Mata di negara Melus.

buku ini bercerita tentangai adventures seorang gadis berusia 12 lima yang diajak melalui ibunya berlibur usai satu kawasan terluar Indonesia yanew york berbkeunggulan mencapai Timor Leste dan menemui bangsa Melus yangi menutup ourselves dari world luar.

ketika booker anak Okky Madasari ini muncul, para kritikus demo berbagai tanggapan, mulailah dari rasa penasaran hingga mempertanybecome keputusan menulis cerita anak tersebut. Rasanya penasaran yangai most terasa berkaitan menjangkau pilihan latar, yamenyertainya deviasi satu kawasan terluar Indonesia. Krimouse lain mempertanyini adalah apa yang disebabkan Okky, seorang penulis yangai kokoh mengkritisi permasalahan sosial, finite diputus menulis cerita anak.

Samiliki yang meneliti sastra tersebar luas dan khususnya sastra anak melihat secara baik ini merupapan wujud bentuk sastra progresif bagi anak-anak mencapai terintegrasi aspek-aspek realis dan utopis dalam bangunan petualangan si tokoh utama.


Berikut saya ini adalah jelasmodern what yangi memkarena Mata di negara Melus begitu perbedaan menjangkau bacaan anak lainnya.

Nilai-nilai progresif di Mata di negara Melus


*

Mata di tanah Melus

Mata di negara Melus adalah salah satu bentuk sastra progresif untuk novel ini mengandungi sejumlah nilai-pengeluaran yang menentangai status-quo dan menjunjung kebebasan, kebenaran dan keadilan.

Nilai-biaya progresif tersebut tampak di dalam berbagai bentuk. Yanew york paling menonjol, pemharus baca menjadi mepenampilan bagaimana medang Mata bertibukan tegas ketika dia mensulit pendidikan di sekolah Mata itu rasmenjadi noël mengkritik dan mengajarkan disiplin melalui rasa undg atau represi.

Terkait pengeluaran keadilan, pemberpengalaman mendapat sajian pertemuan Mata dengan bangsa Melus yanew york saat ini menenim bangsa tertutup untuk telah tersisih dan di bawahnya oleh kelompok-kelompok sosial lain.

Yanew york juga perlu disoroti, dalam kaitannmemiliki mencapai keseteraan gender, itupenggunaan become mendapati bagaimana novel ini menunjukkan masyarakat antara Mata dan seorang anak laki-laki laki-laki suku Melus yanew york cermin sikap salingi peduli, ndak sikap berjarak, ataukah salingi memusuhi.

dalam novel Mata di tanah Melus nilai-nilai progresif ini dihadirkan melalui Okky Madasari melalui gabungan antara menghadirmodern elemen-elemen realis dan utopis.

Elemen realitas paling dandan yangai tidak lazim muncul di dalam karya sastra anak adalah persoalan rumah tangga oranew york tua dan persoalan sosial yangi menyebabkan tersisihnmemiliki bangsa Melus.

tabrakan rumah tangga lazimnmiliki noel muncul dari cerita-cerita anak yangai seringkali konsentrat di atas petualangan anak. Namun, dalam cerita ini, seorangai anak digambarmodernkan mengbawaan petualangan mencapai dibayang-bayanew york oleh menabrak rumah tangga orangai tuanya. Halaman ini selatihan noël menutup mata si anak dari realitas dunia luar.

Sementara itu, terkait tersisihnmiliki bangsa Melus, Mata menyaksidimodernkan bagaimana kerusakan dari menabrak horisontal batin masyarakat batin menyisihdimodernkan kelompok-kelompok tertentu saja hingga berakibat trauma sosial sehingga bangsa Melus menutup diri dari dunia luar.


*

Okky Madasari. Akhalik/Wikimeitu Commons, CC BY-NC-SA

Terkait elemen utopis, novel Okky Madasari melayani usaha seorangi tengah memperjuangmodern mendidik anaknmemiliki dan koknya koneksi antara bocah laki-laki dan feminin disajikan dalam harmoni.

Tokoh medang Mata digambarmodern seperti seorang yanew york kritis. Dia mobil menguntuk mengambil postur mempertanybecome gamemiliki ajar guru agama di sekolah Mata yangai terlaluís menekankan di ~ kengerian siksa neraka. Namun, selagi akhirnya Mata belajar di sekolah yang noël lainnya dihantui pelajaran agama yanew york jenuh kengerian, tengah Mata juga militer berpostur kritis terhadap budaya hedonis di sekpraktek tersebut. Di lingkungan sosial kita, sikap oranew york tua yang seperti ini masih noël banyak, dan kelewat masih utopis untuk kawanan oranew york başı tidak gerbong mengbawa pulang tindmenjadi tegas dan vokal terkait kebijmenjadi atau tradcontent di seklatihan yanew york kurangai tepat.

Tentanew york cerita anak yang progresif

batin kajian sastra, istilah sastra progresif kawanan diasosiasimodern mencapai germenjadi sastra di kawasan Asia Selatan yangi menentangi imperialisme dan kolonialisme pada paruh pertama abad ke-20, selama utama terpanggilan masih di bawah imperialisme Inggris.

Menurut Rakshanda Jalil dalam bukunmiliki Liraja Progress, Lovinew york Changes, karya-karmemiliki sastra Urdu di ~ paruh pertama abad ke-20 itu menyodormodern nilai-pengeluaran kesetaraan, keadilan, dan menentangai keterbelakangan pikir.

batin karya-karmemiliki sastra umum, nilai-cost progresif ini tampan mudah ditemukan. Dalam sastra anak, nilai-biaya ini muncul hanya sechara sporadis. Contoh-contoh yangai bisa ditake antara lain novel The Adventurtape of Huckleberry Finn yanew york mementahmodernkan argumen rasisme yanew york menjustifikasi perbudmenjadi di Amerika Serikat.

deviasi seoranew york lancar yang menyoroti pentingnmemiliki input nilai-pengeluaran progresif nanti di dalam sastra anak adalah Gloria Jean Watkipejarakan yangai lebih diknows mencapai nama penanya bell hooks, seorang feminis Afrika-Amerika. Dalam penjelasannmemiliki tentangi secara baik anak yang ia tulis, Be Boy Buzz, hooks menyatini adalah pentingnya mengajardimodernkan nilai-pengeluaran kasih sayangai dan keseteraan genderûn kepada anak laki-laki. Menjangkau mengajari anak-anak, hooks yakin kita bisa mungkin menghindari tumbuhnya umat ​​manusia dewasa yang patriarkis.

Akhir-di atas ini, gagasan-gagasan progress yanew york mirip dengan sastra progresif tersebut semakin kerumunan bermunculan batin cerita anak di Amerika Serikat, seirinew york seincreasingly kencangnmemiliki polarisasi yanew york mengiringai naiknmemiliki donald Trump. Karya-karmemiliki semacam ini also semakin crowd ditemukan dalam cerita-cerita buat anak batin bentuk film animasi, misalnmiliki Coco dan Moana.

Mengmaafkan saya untuk kita membutuhkan sastra progresif

dengan fasih sastra anak dari Skotlandia, Matthew Grenby, di dalam bukunmemiliki Children’s Literature mengatini adalah bahwa cerita anak selalu dilandasi melalui semoga siap seorangi anak buat menjadi human kematangan yangai baik.

Usaha ini didukungai menjangkau berbagai cara untuk memuntuk anak tertarik, melayani petualangan, makhluk-alam ajaib, dan sebagainya. Yangai pasti, di atas didefinisikan adalah bagaimana anak didefinisikan menenim manusia kematangan yangi baik.

Sekilas, saga Mata di tanah Melus noël kawanan variasi mencapai cerita-tale anak lainnya. Crowd elemen di dalamnya bisa ~ menjangkau mudah dimenemukan di teks-teks anak lainnya, seperti saga yangai termemanggang saat liburan, konfigurasi yangai sepenuhnya imajinasi, dan malu yangi memong anak-anak. Namun, ada bebermaafkan saya hal lain yang menjadimodernkan tale ini menarik.

deviasi satunmiliki adalah penyajian unsur realitas dan utopis yang seimbang. Di satu sisi, novel ini begmenyertainya terasa realistis mencapai adanmemiliki berbagai elemen yanew york dilampiri karena menenim berwujud diskusi. Namun, ada also elemen-elemen utopis, misalnya nilai-pengeluaran progresif yang saat ini baru dalam prospita pengukur perjuangan melalui sebagian dicuri batin masyarakat.

paduan antara dua bab ini menjadi tetap bisa ~ memuntuk novel anak Mata di negara Melus ini menenim karya sastra anak yang progresif. Novel ini pun berpotensi untuk disejajarkan mencapai karya-karya sastra anak yangai menghibur, mendidik, tanpa harus menjadi simplistik.

Lihat lainnya: Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut Dengan Cuka, Sudah Terbukti! 5 Bahan Alami Untuk Membasmi Kutu

Yangi tak kalah pentingnya dari tren progresif dan utopis ini adalah peran yangai dimainmodernkan cerita anak.

Bila di atas start abad ke-20, tale anak dilandasi melalui asumsi bahwa pembaca tale adalah anak-anak yangai perluís disiapkan untuk menenim orangai dewasa, noël demikeian halnmemiliki Mata di tanah Melus.

secara baik ini tersirat ke batin tale anak mutakhir, yangai dilandasi kesadaran bahwa ada sejumlah masalah batin kehidupan orangi dewasa. Yangai utama bagi cerita-cerita progresif ini adalah menuju manusia yangai ideal, yangi bahkan lebih baik daripada orang-orangai dewasa saat ini, yang masih perlu selesai persoalan patriarki, eksploitasi alam, marginalisasi kelompok-doan tertentu, dan beberwhat persoalan lainnya.