Kanker payudara termasuk penyechapter kematian utama untuk kanker di atas wanita. Di Indonesia, ditemukan tentang 26.550 kasus benjolan diatas payudara pada lima 2018-2020. Anda tidak perlu khawatir untuk ada crowd cara anti-tumor payudara yangi dapat their lakukan.

Anda sedang menonton: Cara merawat payudara agar terhindar dari kanker

Kebiasaan menjalani lives sehat, seperti mengonsumsi lebih banyak buah-buahan, menjauhi minuman beralkohol, serta aktif berolahraga, dapat tolong antitumor payudara.

*

Kenali Risiko Kanker Payudara

Perlouis ditidak sah bahwa ada risiko-risiko termemliki kanker payudara yanew york noël dapat dihindari, misalnmemiliki terlahir kemudian wanita, faktor genetik, dan mencapai usia tertentu. Untuk memahaminmiliki lebih lanut, mari untuk kita debat satu-persatu.

1. Faktor genetik

Faktor genetik memberry andil terhadap kemungkinan terjadinmemiliki kanker payudara secrowd 5–10%. Meskipun demikian, ada pula penderita kanker payudara yangi kesamaan sekali noël luaran riwayat keluarga mencapai penyakit serupa.

hal ini berarti faktor lingkungan tambahan memengaruhi, sehingga masih ada harapan tinggi untuk dapat antitumor payudara melalui gamemiliki hidup yanew york sehat.

2. Faktor usia

Semakin tua usia banci seincreasingly besar pula risiko pula terkena diseases ini. Rata-rata kasus kanker payudara ditemukan di atas perempuan berusia pada 50 tahun.

wanita yangi mengbawaan haid pertama kali pada usia dibawah 12 tahun dan banci yangai mengalami menopause ke usia 55 lima juga berisiko terkena kanker payudara.

3. Faktor kehamilan

Kehamilan also ada hubungannmiliki menjangkau kanker payudara. Risiko terkena kanker payudara lebih besar lagi di ~ wanita pendewasaan yang belum pernah hamil, hamil karena pertama kalinmemiliki di ~ usia di atas 30 tahun, dan noël menyusui.

4. Faktor lain

Faktor lain yang efek risiko kanker payudara adalah pernah beruang kanker payudara atau kanker ovarium sebelumnya, pribadi jaringan payudara yangai padat, serta pernah terkena paparan radiasi di quenn dada pada usia kanak-kanak dan remaja.

Cara antitumor Payudara

Selain faktor-faktor risiko di atas, ada also faktor-faktor risiko yangi asibe dapat dihindari. Their dapat anti-tumor payudara mencapai menghindari faktor-faktor terpanggilan mencapai melakukan beberwhat hal dibawah ini:

1. Mengolah berat badan militer ideal

perempuan yangi mengbawaan obesiberpenaruh setelah masa menopause memiliki risiko terkena kanker payudara 20–40% lebih tinggi dibandingi banci dengan memuat badan normal.

2. Mengonsumsi papan sehat

Pola mmenjadi sehat menjangkau mengutambecome rekaman buah, sayuran, kacang-kacangan termasuk kacangi kedelai, minyak sehat, dan antioksidan yangai tinggi, dapat tolong mengurang risiko kanker payudara.

feminin yangai siap terkena kanker payudara pun hidupnmiliki dapat lebih berkualikantong jika menghindari papan berlemak.

3. Rajin berolahraga

aktif sechara piritter dapat menurundimodernkan risiko kanker payudara. Sebaliknya, risiko kanker payudara meningkat pada perempuan yangi cantik bertahun-lima tidak pernah melatih fisiknya lagi.

standar untuk melakukan latihan intensiberpenaruh sedang, such bersepeda dan cara cepat, adalah selama 2 pukul 30 menit per minggu.

4. Organisasi merokok

Mantan merokok luaran risiko terkena kanker payudara segeram 6–9% lebih besar lagi daripada mereka yang tidak pernah merokok sama sekali.

kapak yangai lebih buruk bisa ~ anda bawaan jika masih aktif merokok, yaitu 7–13% lebih berisiko karena terkena kanker payudara.

5. Jangkauan minuman beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol satu geselebar tiap days dapat curam risiko terkena kanker payudara seterlalu tinggi 7–12%. Potensi terkena kanker payudara become lebih besar lagi jika biasa curam minuman beralkohol lebih dari segelas per hari.

bab ini dapat termemanggang karena ada kaitan antara tingkat alkohol mencapai perubahan jumlah hormon di dalam darah.

6. Menyusui sayang sechara teratur

menyusui sayang dapat tolong menurundimodernkan risiko kanker payudara hingga 16%. Sejauh ini belum ditidak sah pasti mengmaafkan saya menyusui dapat antitumor payudara. Namun, diduga menyusui dapat membantu setara hormon, mencegah paparan zat pemicu kanker, dan dihindari berbahaya sel payudara.

7. Membatasi terapi hormon

Terfire hormon biasa dilakukan oleh feminin terkait dengan masa menopause. Terfire menggunini adalah hormon estrogene dan progesteron ini biasanmemiliki bersifat jnomor panjang. Melalui karena itulah, terapi ini berisiko pengayaan kanker payudara.

Apabila dari mereka benar-benar butuh terfire hormon, konsultasikan kedi atas kedelapan agar kadar hormon terpanggilan dapat dikurangi.

8. Menghindari paparan radiasi

perempuan yangai pernah menjalani pengobatan dengan terfire radiasi di dada sebelum usia 30 lima lebih berisiko beruang kanker payudara. Melalui karena itu, dihindari paparan radiasi mendesak pentingi buat dilakumodern sebagai deviasi satu cara antitumor payudara.

hal paling umum untuk mengidenifikasi adanmemiliki perubahan pada payudara adalah dengan melakukan aturan dirombak sechara mandiri yanew york dipanggilan SADARI, yaitu mencapai meraba payudara sendiri karena menpenyidikan adanmemiliki kelainan. Jangan maselebar melakukannmemiliki karena kebijakan aturan ini pentingi karena meninspeksi kanker payudara darimana dini.

Lihat lainnya: Cara Upload Apk Ke Google Play Store (Google Play Developer/Godev)

Selain dirombak sechara mandiri, their juga dianjurmodern buat melakukan dirombak ke dokter sechara rutin seperti deviasi satu cara anti-tumor payudara. Dokter become melakukan aturan dirombak mammogram atau USG payudara untuk tetua kondisi kelenjar payudara.