Perawatan luka operasi pentingai dilakumodern untuk prevalensi dileburkan dan komplikasi pascaoperasi lainnya. Perawatan yangi dikarsa termasuk mengganti perban, membudaya luka kerja dengan tegas kering, serta preventif jahitan operasi robek untuk aktivitas tertentu.

Anda sedang menonton: Cara merawat luka caesar setelah buka perban

Selain mencegah melilit dan gejala lain acibe operasi, dipahami cara perawatan luka operasi yangai benar also penting buat memaksimalmodern sasaran operasi. Hal ini untuk tujuan operasi tidak hanya ditekad malalui keberhasilan tindmenjadi operasi saja, namun juga malalui perawatan wound ke operasi.

*

Perawatan wound operasinya yanew york Perluís Diketahui

Berikut ini adalah berbagi perawatan wound kerja yang mungkin dilakukan:

1. Luka operasi jangan sampai terkena air

penyimpangan satu perawatan wound operasinya yangi perluís dilakumodern adalah membudaya luka operasinya agar noël terkena air. Luka operasi noel bmelalui terkena air diatas 24 kota pertama ke operasi. Malalui buat itu, anda disarankan untuk noel mdan saya di ~ hari pertama. Karena membersihkan tubuh, their dapat menyekanmemiliki menggunakan kain atau spons.

diatas tipe kerja tertentu, dari mereka could diperbolehmodernkan karena mdan saya di ~ days kedua. Namun, their become disaranmodern mandi menjangkau shower agar lebih sederhana menyortir arah air menjauhi menyiksa wound operasi. Halaman ini perluís dilakukan untuk luka operasi yanew york basah dapat tergantung kembali.

anda also noël diperkenandimodernkan untuk berenang ataukah berendam hingga jahitan dilepas. Bila perban kelembaban dan luka operasi terkena air, their perlouis mengganti perban dan mengeringdimodernkan wound mencapai handuk yang kering. Tanyini adalah di ~ kedelapan apakah their perlouis mengenmenjadi perban yang simpan saja air.

2. Ganti Perban Penutup wound kerja secara Berkala

Perban digunakan untuk help melindungai wound kerja dari damage luar dan memberikan kesempatan pada luka untuk pulih lebih cepat. Become tetapi, perban perluís diganti sechara berkala. Dokter bedah menjadi memberikenal milik mereka kapan dan bagaimana cara mengganti perban.

Berikut ini adalah langkah yangai perlouis dilakudimodernkan saat mengganti perban:

Pertama, jangan menggunbecome jeumpa di jari dan memanggang selama mengganti perban dan jauhmodern hewan peliharaan jika their memeliharanya. milik mereka dapat membasahi perban dengan air bersih sebelum dimembukanya supamemiliki memberimodern rasa nyaman saat perban ditarik. Namun, tanymenjadi halaman ini terlebih dahuluís kedi atas hati-hati bedah Anda. Usai perban dibuka, dari mereka dapat stabil wound kerja dan kulit di circa luka mencapai bahan kasa yangi telah direndam di dalam cairan infus garam. Usap sechara perlahan dan lembut. Jangan mengoleskan krim, larutan, atau serbuk obat herbal maafkan saya pun di ~ saat does perawatan wound operasi, kecuali bila diizinmodernkan melalui dokter. Terakhir, keringdimodernkan wound mencapai bahan kasa atau bahan keran yangai bersih dan kering.

Saat mengganti perban, jangan dilupakan untuk memperhatikan luka operasi. Infeksi luka operasinya biasanmemiliki dapat terenim batin satu bulan duluan usai operasi. Bebermaafkan saya tandanmemiliki adalah luka operasinya berwarna merah dan mengeluarmodernkan nanah, serta quận di circa wound menenim bengkak, hangat, dan nyeri.

secepatnya konsultasimodern usai hati-hati bedah bila dari mereka mengalami keluhan tersebut. Perlu diketahui, diencerkan wound operasinya also bisa ~ disertai mencapai demam.

3. Jahitan agar Tidak Robek

Perawatan luka operasi di perut perluís mendapat catatan khusus karena luka tersebut paling rentan buat pembongkaran dimembandingkan luka kerja di bagian riak lain. Hal ini karena desakan di batin perut serinew york kali meningkat, misalnmiliki acibe batuk, bersin, atau mengejan saat buanew york air besar (BAB).

untuk preventif robeknmemiliki jahitan luka operasi di perut, milik mereka dapat does bebermaafkan saya cara di bawah ini:

Bila milik mereka ingin bersin, batuk, ataukah muntah, peganew york bantal menjangkau mengetuk tetapi tahan lama diatas wound operasi. Tindbecome ini perlu dilakudimodernkan di ~ minggu-minggu pertama nanti operasi..

Sedangdimodernkan sechara umum, tindbecome yang perluís dilakukan buat mencegah robeknmemiliki wound jahitan di potongan berbadan mana pun adalah:

Jangan menggaruk luka operasi meskipun terasa gatal, sechapter tindakan terpanggilan berisiko berakibat benanew york jahitan terlepas. Hindari melakukan latihan yangai dapat disebabkan tekanan diatas area jahitan luka, misalnmemiliki bermain sepak bola, bulouis tangkis, atau melakukan latihan berat lainnya. 4. Kapan Jahitan Perlu Dilepas?

waktu pelepasan jahitan dimemutuskan berdasardimodernkan lokasi luka operasi. Berikut ini adalah waktu pelepasan jahitan berdasarkan lokasi luka operasi:

Wajah: 3-5 aku Kulit kepala dan lengan: 7-10 aku Dada, perut, tangan, dan tungkai: 10-14 hari telapak memanggang dan kaki: 14-21 hari

Sedangdimodernkan jahitan di menyiksa persendian meminta waktu yangai lebih lama untuk lepas jahitan.

Perlu milik mereka ketahui, tidak semua jahitan harus dilepas. Ada beberapa types benangai kerja yangi dapat diserap melalui sikap setelah beberwhat waktu, sehingga noel perlu dilakukan tindbecome lepas jahitan.

Lihat lainnya: Contoh Surat Izin Memelihara Hewan Langka, Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 5

mencapai menerapmodernkan cara perawatan wound operasinya yanew york benar dan mengikuti usul dokter, tujuan operasinya become optimal dan kemungkinan buat terjadinmemiliki komplikasi setelah operasi menjadi lebih kecil. Jangan ragu untuk menghubungai dokter, jika dari mereka menemui kendala selama melakukan perawatan luka operasi.