Teman-teman pernah mendengar istilah plagiat? Situasi ini mungkin terenim untuk penulis tidak mencantummodernkan diperoleh asli dari jernih tulinguistik yang dibuatnya. Di dalam dunia sekpraktek pun, teman-teman sanggup saja terjebak di dalam keadaan ini jika noel mampu menulis bersumber catatan dari makalah yanew york dibuat invisor dan benar.

Anda sedang menonton: Cara menulis daftar pustaka dari artikel


*

sumber gambar: formatgenerator.com


Walaupun kesan mudah, nyatanya masih banyak yangai kesulitan menerapmodernkan penuverbal partij pustaka yangai benar di dalam akhir tulisannya. Gejala berpengalaman dan urutan selama penulisannmiliki menenim menakuti yangai memuntuk seseoranew york terburu malas buat mencantummodern berbagai referensi diperoleh dari tulisannya.

Supamemiliki teman-teman noel tanda kemudian plagiat dan dapat menuliskannya secara tepat, berikut ini panduan cara menitip mengajukan referensi yanew york tepat sesuai mencapai jenis sumber yangai dipakai.

Penuverbal mengajukan rujukan dari bersumber Buku

Ada beberwhat hal yang perlu dikronologi di dalam menulis berpesta pembawa acara dari sumber buku. Namun, hal paling terutama adalah memlinimasa urutan dan tanda tangan bacanya. Berikut adalah urutan sebuah catatan dari buku.

1. Nama

namu penulis ditulis paling awal. Ingatlah karena selaluís menulis namu belakangai penulis terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan mencapai tanda koma (,) ke akun itu cantummodernkan nama belakang depan dan sentral penulis buku tersebut. Jika booker terpanggilan merupakan karmemiliki dari dua penulis atau lebih, hanya penulis pertama yangai urutan namanmemiliki dibalik. Penulis senin dan seterusnmiliki berada setelahnmiliki dengan urutan yangai pantas nama belakang aslinya. Jika di atas booker terpanggilan nama penulis itu harus dimasukkan fullest dengan gelar training atau gelar lain, gelar-gelar tersebut noel perlu dituliskan.


2. Tahun Terbit

setelah nama, cantummodern tahun terbit dari booker yang teman-teman gunakan such referensi. Jangan terkecoh di ~ nomor lima cetakan awal sehal sanggup saja secara baik yang kamu paksai merupakan cetakan kedua, ketiga, ataupun terakhir.

3. Mengendarai Buku

menulis mengendarai bukumu secara lengkap. Jangan lupa, penuverbal judul dibuat menjangkau italic (miring).


4. Kota dan namu Penerbit

bagian terakhir dalam penuverbal berpesta pembawa acara sebuah booker adalah mencantummodernkan kota penerbitan dan nama penerbit yangi untuk menekan buku tersebut. Dahulukan penulisan nama belakang kota, baru diikuti mencapai nama penerbit yangi dibatasi mencapai gejala periode dua (:).

hal lain yanew york perlu dikronik adalah sign boverhead dari tiap urutan. Pastidimodernkan teman-teman menggunakan gejala periode (.) untuk jangkauan urutan nama, lima terbit, titah buku, hingga town dan nama penerbit.

Contoh partij referensi dari Buku

Data Buku:titudit : Family Medical Care ton 4Penulis : Dr. John F. KnightPenerbit : Indonesia Publishingi Housekota Penerbit : Bandunglima Terbit : 2001

Cara Penulisan:Knight, John F. 2001. Family Medical Care selang 4. Bandung: Indonesia Publishing House.

Penulinguistik berpesta pustaka dari artikel batin Jurnal, Koran, ataukah Majalah

noel perbedaan jauhnya menjangkau penulisan dari bersumber berupa buku, teman-teman pun perluís mencantummodern nama belakang penulis, tahun terbit, titudit artikel, hingga town dan namu penerbit. Hanya saja, ada perbedaan penulisan karena bebermaafkan saya urutan tersebut, yakni kemudian berikut.

1. Nama

Pastidimodernkan nama yangi teman-teman tulis batin partij pembawa acara jadwal acara terpanggilan adalah penulis artikelnya, bukan editorial dari jurnal, koran, ataupun majalah yanew york menjadi sumber referensi.


2. Judul

Dahulumodern penulisan judul item yanew york menenim sumber referensi. Penuverbal noel dengan format italic, melaindimodernkan penghapusan lurus mencapai pemberian tanda tangan kuwarna kuning muda (“) pemmembukanya dan penutup. Setelah itu, lanjutmodern dengan penuverbal bersumber jurnal ataupun majalah yanew york memuat jadwal acara tersebut. Penulinguistik namu jurnal, majalah, atau menginformasikan baru dicetak miring. Ikutmodern di halaman berapa jadwal acara terpanggilan dimuat yangi ditulis dalam tanda tangan kurung <(…)>.

Contoh Penulisan berpesta rujukan dari jadwal acara Jurnal

Data Artikel:titah Jurnal : Sirok Bastra: Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan volume 1judul jadwal acara : Bahasa Indonesia dalam insula dan quadng di Ruangai hadirin kota PangkalpinangPenulis : Umar SolikhanPenerbit : sup Bahasa Provinsi Bnumeral Belitungi Kementerian pendidikan dan Kebudayaankota Terbit : Pangkalpinangfive Terbit : 2013

Cara Penulisan:Solikhan, Umar. 2013. “Bahasa Indonesia di dalam insula dan quadng di Ruanew york umumhalaman kota Pangkalpinang” dalam Sirok Bastra: Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan selang 1 (hlm. 123-129). Pangkalpinang: sup Bahasa Provinsi Bangka Belitunew york Kementerian pendidikan dan Kebudayaan.


Penulinguistik berpesta pembawa acara dari Internet

Selain artikel cetak, noel jarangi seseorangai mengambil sumber tulisannya dari artikel-jadwal acara di internet (dalam jaringan.daring/online). Untuk penuverbal mengajukan referensi dari internet sebagai ini, urutannmiliki adalah sebagai berikut:

1. Nama

Cara penuverbal nama belakang karena artikel daring noël variasi dengan penulisan nama dari diperoleh buku maupun jadwal acara cetak.

2. Lima Penayangan

tuliskan ke bawah lima penayangan dari jadwal acara tersebut.

3. Judul

judul item daringai tidak ditulis secara italic, melainkan just diapit gejala kuanak-anak (“).

4. URL

Jangan dilupakan menyalin alamat URL dari item terpanggilan agar dapat diakses jika ada yangai dicari membuktikan kesahihannya.


5. Times Pengambilan

Di bagian akhir, jangan terlupakan mencantummodern waktu pengambilan jadwal acara daringai menemani itu secara lengkap, yakni tanggal dan jam saat kamu mengunduh ataupun menjadikannmiliki referensi.

Selain urutan, melecehkan sign batas dalam berpesta rujukan artikel internet/daring agak variasi menjangkau penulisan dari sumber cetak. Tanda titik (.) such boverhead hanya berlaku karena mengakhiri namu penulis dan lima penayangan. Sementara itu, pembpengawas dari titah usai URL dan dari URL usai waktu pengambilan data berupa tanda koma (,).

Lihat lainnya: Setor Tunai Lewat Atm Bca Mudah Dan Cepat, Begini Cara Menyimpan Uang Di Atm Bca

Contoh berpesta rujukan dari Internet (jadwal acara Daring)

Data Artikel:titudit : Inikah kerusakan Mematidimodernkan Pemanasan Global?Penulis : Jeko Iqbal RezaTanggal Tayangai : 29 Agustus 2015waktu Akses : 10 Februari 2016, jam 10.27URL : http://tekno.liputan6.com/read/2304179/inikah-dampak-mematikan-pemanasan-global


Cara Penulisan:Reza, Jeko Iqbal. 2015. “Imenikah impact Mematimodernkan Pemanasan Global”, http://tekno.liputan6.com/read/2304179/inikah-dampak-mematikan-pemanasan-global, diakstape di ~ 10 Februari 2016 jam 10.27.

Kontributor:Teodora Nirmala Fau, S.Hum.Alumnus program bahasawan Indonesia UI