Pengertian Footnotefungsi FootnoteUnsur-unsur FootnoteKetenbapak Penulisan FootnoteContoh Penulinguistik Footnote

Cara menitip Footnote. Catatan kaki atau footnote penyimpangan satu bagian pentingai dalam sebuah karmemiliki tulis, yanew york berbeda mencapai partij pustaka. Seorangi penulis harus dipahami fungsi dan cara menitip footnote buat menginformasikan kedi atas pemdibaca sumber referensi dan mengutip dari mereka dalam menciptmenjadi karmemiliki tulis.

Anda sedang menonton: Cara menulis catatan kaki dari jurnal

Sehingga penulisan footnote atau bien kaki harus singkat, detail dan jelas. Sebelum anda belajar cara menitip footnote, alangkah lebih baiknya memahami maksud, fungsi dan unsur-unsur penulisan footnote.

Pengertian Footnote

Footnote adalah lebah kaki, yakni catatan yanew york berada di bagian paling bawah halaman untuk mencantumdimodernkan sumber pembawa acara dari kutipan insula di potongan badan teks atau paragraf. Footnote ataukah catatan feet juga tangan kedua such keterangan ekstra untuk informasi, istilah-istilah atau nama tertentu.


*

Cara menitip footnote biasanmiliki menggunakan simbol angka, huruf maupun gejala kurungai yanew york ditulis berurutan dari mulailah sampai seterusnya. Selain itu, teks atau mengutip yangi akan kesalahan diperoleh rujukannya batin catatan kaki become ditandai dengan nomor. Angka terpanggilan ini adalah berkaitan langsungai mencapai deskripsi di lebah kaki bagian bawah halaman.

Penomoran ini membantu pembaca memahami sumber-bersumber referensi atau kutipan sechara jelas, tidak tertukar antara teks satu dengan lainnya. Karena, footnote berfungsi help pemdibaca menelusuri diperoleh pembawa acara di dalam karya tulis dari mereka sehingga perlouis ditulis rinci dan sederhana dipahami.

Cara menitip footnote ataukah bien feet tentu saja variasi mencapai daftar pustaka. Partij pembawa acara bercontent bersumber kutipan yangai ditulis secara langsung dan tak langsung. Partij pustaka also berisi semua sumber referensi dan referensi yangai bermantel sechara rinci, baik sumbernmemiliki berupa buku, narasi karmemiliki ilmiah atau internet.

Sedangkan, cara menulis footnote ataukah bien feet just menitip diperoleh mengutip dari teks yang tertulis di dalam satu halaman akun itu saja dan footnote become ditulis di potongan paling bawah page dengan ukuran font lebih small serta penomoran.

1. Gorys Keraf (1994 : 143)

Seoranew york Gorys Keraf mengatmenjadi bahwa footnote atau catatan kaki adalah deskripsi dari teks karangan yang berbaring diatas feet page essay yang bersangkutan.

bien kaki ini mungkin ditemukan di ~ semua karmemiliki ilmiah, kemudian tesis, karangan atau berkomitmen akhir, makalah usul dan beberapa karya tulis lainnya.


*

baca Juga: Cara menitip kutipan Langsungai dan noel Langsungi dari Buku, Jurnal dan Internet

fungsi Footnote

Penulinguistik footnote atau catatan kaki pastinmiliki luaran fungsional yangai penting untuk sebuah jurnal ataukah karmemiliki tulis sebelum dipublikasikan nanti khalayak. Footnote ndak just sekadar memberidimodernkan informasi, tetapi juga penguat bukti dari isi tulinguistik Anda. Berikut ini, beberwhat fungsional menulis footnote yang harus anda pahami.

1. Memberry informasi

Footnote ataukah catatan kaki pribadi fungsi terutama untuk memberikan insula penuh tentangi bersumber pembawa acara atau mengutip yangi dipaksai penulis dalam karmemiliki tulisnya. Sehingga pemberpengalaman bisa membedakan hasil pemikiran pribadi penulis dan seorangi ahli.

Adanya footnote juga ini adalah help mereka mencari dan memharus baca sumber aslinmiliki untuk menmendulang insula yangai lebih mendalam. Buat itu, memberi insula tersirat fungsi dari footnote atau bien kaki.

2. Memberimodern deskripsi dan petunjuk

Footnote ataukah bien kaki luaran fungsional karena memberikan keterangan dan petdemonstrasi kediatas pembacanya. Maksudnya, petdemo dan penjelasan yangai berupa lampiran lebah terkait mencapai data, pernyataan dan fakta-sebenarnya yangi dijabarkan dalam isi tulisan.

Supaya, pemberpengalaman bisa ~ mempelajari permasalahan yangi dibahas dalam karmiliki tulis atau jurnal dari sumber-sumber yangai dijadikan referensi secara mendalam.

3. Menguatkan bukti

Footnote atau lebah kaki juga berfungsional untuk menguatmodern pernyataan dan data yangai dijabarmodernkan dalam jurnal atau karmemiliki tulis lainnya. Adanmemiliki footnote untuk memberikan insula mengenai diperoleh rujukan ini adalah help pemdibaca dipahami bahwa data yangai penulis sampaimodernkan memongolia pantas fact dan bisa ~ dipertanggungjawabkan.

Footnote atau bien kaki ini juga memberidimodernkan membuktikan dan penjelasan kedi ~ pemharus baca mengenai sumber mengutip pernyataan dan data terpanggilan diambil. Artinya, footnote mungkin tangan kedua sebagai bentuk validasi atau penguat informasi.

4. Mempersecara luas pembahasan

Footnote atau bien kaki berfungsional mempersecara luas pembahasan sebuah jurnal atau karmemiliki tulis. Maksudnya, footnote ini adalah membantu permasalahan yanew york diperdebatan batin sebuah jurnal semakin berkembang lebih luas.

Di sisi lain, pembaca tambahan akan dipahami dan mempelajari pembahasan dalam karmemiliki tulis terpanggilan mencapai melihat footnote ataukah bien kaki. Bab ini tambahan membantu mereka selagi menghadapi studi kasus yangai sama.


*

harus baca Juga: Cara menulis mengutip dari berita Online

Unsur-unsur Footnote

Cara menulis footnote ataukah catatan feet also noël sembarangan. Karena, ini menyangkut mencapai tulinguistik orangi lain maupun pernyataan seoranew york ahli.

Sehingga penulis perlouis memperhatikan unsur-unsur yang harus dipenuhi di dalam penuverbal footnote, agar informasinmiliki jelas, detail sekaligus terhindar dari penjiplakan. Berikut ini, unsur-unsur penulisan footnote atau bien kaki.

1. Namu penulis

Penulisan footnote atau catatan kaki harus menyertakan nama penulis dari buku, jurnal ataukah karmemiliki tulis yangai telah dijadimodern sebagai bersumber rujukan. Dari mereka sanggup menuliskan nama lengkapnya tanpa gelar, such penulinguistik dalam partij pustaka.

2. Judul tulisan

judul adalah identitas dan informasi pentinew york dari sebuah buku, jurnal ataukah karya tulis. Untuk itu, milik mereka harus menuliskan titudit secara baik atau karmemiliki tulis yanew york menenim sumber rujukan atau kutipan di dalam footnote atau catatan kaki.

Penuverbal judul buku dalam footnote atau catatan kaki ini tambahan harus memkronologi ejaan yang benar, kesamaan kemudian penulinguistik judul di berpesta pustaka.

3. Tahun terbit

lima terbit adalah five melepaskan buku, jurnal ataukah karmemiliki tulis tersebut. Lima terbit dari buku atau jurnal yang menmemanggang bersumber pustaka juga tersirat unsur pentingai dalam penulinguistik footnote atau bien kaki, kemiripannya halnya mencapai penulinguistik di partij pustaka.

Supaya, pembaca paham titah dan five penerbitan booker yanew york telah dijadimodernkan bersumber pustaka penulis sehingga tidak relection mencapai booker lain, yanew york bisa berjudul serupa.

4. Numeral page yangi dikutip

nomor page adalah unsur penting di dalam penulinguistik footnote atau lebah kaki dan bab inilah yang membedakannmemiliki dengan mengajukan pustaka. Maksudnya, penulis biasanmiliki cited sebuah pernyataan dari halaman tertentu saja sebuah buku buat menguatkan data yangai dijabarkannmemiliki dalam karmemiliki tulis.

Maka, penulis harus mencantummodernkan nomor halaman dari sebuah buku yangai memuat pernyataan tersebut. Supaya, pemharus baca lebih mudah untuk mencari pernyataan yangi telah dari mereka kumaskaan dari secara baik atau jurnal lain. Bab ini membantu pemharus baca untuk membuktikan kutipan menemani itu benar atau tidak.

Penulinguistik nomor page dari sebuah booker yangai menmemanggang sumber referensi dalam footnote atau lebah kaki pun dingin ditulis mencapai “hal” dan pemberian angka halaman diatas kutipan.

baca Juga: 4 Cara menulis mengutip Dari Jurnal

Ketenbapak Penuverbal Footnote

Bila milik mereka mau mempelajari cara untuk menulis footnote ataukah bien kaki, dari mereka harus memahami aturan penuverbal catatan kaki. Berikut ini, ketentuan-ketentuan yang harus dipahami ketika menulis footnote atau lebah kaki.

1. Angka penanda

Cara menulis footnote ataukah catatan kaki harus menggunmenjadi angka penanda, baik di bagian di atas teks pengutipan dan di atas lebah kaki di bawah lembar halaman. Nomor penmilik mereka ini ditulis menggunbecome nomor kuadrat dan harus kemiripan antara teks serta lebah kakinya. Ingatlah, penulis angka pentheir ini noel sampai satu spasi dan ukurannmemiliki also sedikit lebih kecil.

2. Nama belakang pengarang

Cara menulis footnote atau lebah kaki harus mengacu pada nama belakang pengarangi dari secara baik ataukah jurnal yangi menmemanggang rujukan. Di dalam bien kaki, their mungkin menulis nama pengarangai pantas mencapai urutan nama belakang aslinya. Tapi, their noël perlouis untuk menulis berperingkat atau gelar namu pengarang, sebagai Ir., Prof., Dr., tidak perlouis dicantumkan.

Jika secara baik atau jurnal yangi menenim jernih referensi dari mereka ditulis melalui 2 ataukah 3 pengarang. Maka, milik mereka harus mencantummodern setiap orang namanmemiliki di dalam footnote.

Jika buku, jurnal ataukah karmemiliki tulis yangai menenim rujukan milik mereka ditulis melalui lebih dari 3 pengarang. Maka, cara menitip footnote dingin suku nama pengaranew york duluan saja, laluís mengikuti mencapai dkk ataukah et all.

3. Titudit booker ataukah bersumber referensi

Cara menulis footnote atau catatan kaki yangai benar harus mencantummodernkan judul booker atau jurnal yang menenim referensi atau rujukan. Jika dari mereka kutipan sebuah doktrinnya ataukah berpawai ahli dari booker lain di dalam isi karya tulis milik mereka berilah sign pada pengutipan menyertainya dan tuliskan ke bawah titah buku yangi menjadi referensi di dalam footnote di bagian bawah lembaran halaman.

karena footnote berbeda dengan berpesta pustaka, milik mereka juga harus refers numeral page mengajar atau kalimat yanew york siap milik mereka kutip. Milik mereka bisa ~ menulis titah booker ataukah jurnal pembawa acara menemani itu dengan tulisan mencetak miring atau dipanas bawahi di dalam lebah kaki. Sementara itu, anda mungkin menitip numeral halaman buku ataukah jurnal yang menenim rujukan mencapai singkatan “hal”.

Bila bersumber referensi milik mereka berasal dari jurnal di internet, cara menitip footnote militer harus mencantummodernkan namu penulisnya, titah jurnal yang mencetak miring, alamat URL dan tanggal aksesnya.

4. Identitas booker referensi

Cara menulis footnote ataukah bien kaki noël just mencantummodernkan mengendarai secara baik dan namu pengarangnmemiliki saja, tetfire juga lima terbit, namu penerbit dam town penerbit dari booker yang menenim sumber pustaka Anda. Anda bisa untuk menulis identiberpenaruh ini di dalam catatan kaki, kesamaan seperti menulis daftar pustaka.

dibaca Juga: Citation: Pengertian, Tujuan, Jenis-jenis, Prinsip-principle dan Cara Penulisan

Contoh Penulinguistik Footnote

Adapun bebermaafkan saya contoh cara untuk menulis footnote atau lebah kaki berdasarmodern banyaknya pengarangi dan sumber rujukan, antara lain:

1. Cara menulis Footnote menjangkau 1 Pengarang

Bila sumber referensi tuverbal Anda, baik booker atau jurnal hanya ditulis malalui 1 pengarangai saja. Maka, cara menulis footnote menjangkau 1 pengaranew york sebagai berikut:

numeral Kutipan, nama belakang Pengarang, titah Buku (town Penerbit: namu Penerbit, tahun Terbit), nomor Halaman.

Contohnya:

¹Sartono Suryadiningrat, Pendekatan Ilmu-ilmu Agama batin Muamalah Masyarakat (Jakarta: Asy-Syariah, 2003), hal. 13.

2. Cara menitip Footnote menjangkau 2-3 Pengarang

Bila booker ataukah jurnal yangai menmemanggang sumber otoritas untuk dipecahkan milik mereka ditulis melalui 2-3 orang, their juga harus mencantumkan semuanya. Cara menulis footnote dari buku yang luaran 2-3 pengarang, berikut ini.

nomor Kutipan, nama Pengaranew york (2-3 orang), titudit Buku (town Penerbit: nama belakang Penerbit, lima Terbit), nomor Halaman.

Contohnya:

²Abdul Khalik, Rapi Armad, Bagus Kuncoro, Belajar Bahasa Indonesia, (Surabaya: Dwikarya, 2009), hlm 26.

3. Cara menulis Footnote dengan Lebih dari 3 Pengarang

Bila secara baik atau jurnal catatan their ditulis oleh lebih dari 3 pengarang, dari mereka noël harus mencantumdimodernkan semua namanya. Maka, cara menulis footnote buat buku mencapai lebih dari 3 pengarang kemudian berikut ini.

nomor Kutipan, nama Pengarang, titah booker (kota Penerbit: nama Penerbit, lima Terbit), numeral Halaman.

Contohnya:

¹Sri Utami dkk, Bahasa Inggris level 5 (Yogyakarta: PT. Gramedia, 2003), hal. 4.

4. Cara menulis Footnote dari Buku

booker seringkali menjadi diperoleh referensi penulis batin memuntuk sebuah karmemiliki tulis. Terkadang, penulis juga perluís mengutip sebuah kalimat atau jam tangan fasih dari booker terpanggilan buat karmemiliki tulisnya. Maka, cara menulis footnote karena referensi yangai berasal dari booker kemudian ini.

angka kutipan namu Penulis, titudit Buku (town Terbit: nama Penerbit, lima Terbit), numeral Halaman.

Contohnya:

³Budi Martono, depresiasi dan Pengamanan Arsip Vital batin manajemen Kearsipan (Jakarta: rujukan sinar Harapan, 1994), hlm. 16.

5. Cara menitip Footnote dari Jurnal, kertas ataukah cerita Penelitian

Bila sumber catatan atau mengutip batin karmemiliki tulis anda berasal dari sebuah jurnal ataukah laporan penelitian. Maka, cara menulis footnote perbedaan mencapai bersumber yang berorigin dari buku, seperti berikut ini.

angka Kutipan, nama belakang Penulis, “titudit Artikel”, namu Jurnal, Edisi, lima Terbit, numeral Halaman.

Contohnya:

²Yahmemiliki Saputra, “Kekerasan Terhadap banci di dalam tindakan Islam”, Asy-Syariah, Edisi 6, April 2016. Hal.15.

6. Cara untuk menulis Footnote dari Majalah

Majalah also bisa ~ dimanfaatmodernkan sebagai sumber referensi memkarena karya tulis maupun kutipan. Tapi, their harus mencantumkannmiliki di dalam bien feet yangai pastinmemiliki perbedaan menjangkau penulisan diperoleh lain. Cara menulis footnote untuk sumber yangai berasal dari majalah adalah kemudian berikut.

angka Kutipan, namu Penulis, “mengendarai Majalah”, nama Penerbit, kota Penerbit, lima Terbit, nomor Halaman.

Contohnya:

³Mochtar Naim, “Mengwhat Orangi Minang Merantau?”, Tempo, 31 Januari 1975, hlm. 36.

7. Cara untuk menulis Footnote Skripsi, dalil atau Disertasi

bersumber catatan dan pengutipan sebuah karya tulis tambahan sanggup berasal dari skripsi, tesis maupun disertasi, tak hanya narasi penelitian. Cara menulis footnote untuk sumber dari skripsi dan semacamnya menyertainya sebagai berikut ini.

nomor Kutipan, namu Penulis, tipe Karmiliki Tulis : “judul karmemiliki tulis dicetak miring” (town Terbit: Penerbit, lima Terbit), nomor Halaman.

Contohnya:

²Adnan Syarief, Skripsi: “sistem Pendaftaran Praktikum Berbasi Laravel” (Yogyakarta: UMY, 2017), bab 30.

8. Cara untuk menulis Footnote dari booker Terjemahan

Cara menulis footnote untuk sumber referensi tuverbal dari buku saja pastinmiliki berbeda mencapai buki terjemahan. Bila otoritas untuk dipecahkan dari mereka adalah buku terjemah, dari mereka bisa ~ untuk menulis footnote berikut ini.

angka Kutipan, namu Pengarang, titudit Buku, nama Penerjemah, (town Penerbit: nama belakang Penerbit, five Terbit), numeral Halaman.

Contohnya:

⁴Muhammad Rab’i, sejarah Penaklumodernkan Konstantinopel, Terj. Muhammad Afifuddin dan Mukhtar Rifa’i (Jakarta: Asy-Syariah, 1998), hal. 23.

9. Cara menulis Footnote dari Koran

Cara menitip footnote karena diperoleh tuverbal dari majalah juha pasti become berbeda menjangkau koran. Berikut ini, cara menulis lebah kaki untuk sumber yanew york berasal dari koran.

nomor Kutipan, namu Penulis, “judul Artikel”, (bersumber Kutipan, Tanggal Terbit, tahun Terbit), numeral Halaman.

Contohnya:

³Bambang, “Peran familial di dalam training Anak” (Kompas, 30 April, 2016), Hal. 14.

10. Cara menitip Footnote dari Internet

Bila buku, cerita penelitian koran hingga majalah noël dingin digunakan seperti catatan atau kutipan. Anda mungkin mencari sumbernmiliki dari internet dan mencantumkannmemiliki batin lebah kaki. Cara menulis footnote buat sumber dari internet berikut ini.

Lihat lainnya: Catat, Begini Cara Mengurus Stnk Hilang Dan Biayanya Tanpa Calo

nomor Kutipan, nama belakang Penulis, “titah Artikel”, (URL web, Tanggal Akses, lima Akses).