*

tikus persawahan (ratus argentiventer) hama yangai kerabat sulit dikendalikan. Perkembangbimenjadi hama mouse yang cepat serta damemiliki salah pada tanaman yanew york dingin tinggi disebabkan serangga mouse selaluís menenim ancaman diatas setiap pertanaman. Menyakiti botani yang di akibat penyerbuan mouse sangat besar, untuk menyerang botani sejak di perbotani hingga menjelang panen. Berkaitan dengan hal tersebut, maka upamemiliki pengendalian untuk menedimodernkan populasi tikus harus dilakudimodernkan terus menerus awal dari saat pratanam hingga menjelang panen menjangkau menggunakan berbagai teknik sechara terpadu. Peran serta dan kerjasama sosial / doan tani, penentu kebijmenjadi dan tokoh masyarakat also meminta selama prospita pengendalian hama tikus.

Anda sedang menonton: Cara mengusir tikus pada tanaman padi

BEBERwhat TEKNIK PENGENDALIAN

TBS (Trap Barrier System)

Pemagaran plastik yanew york mengelilingai petini adalah persemaian atau persawahan yang dilengkapi menangkap bubu diatas tiap jarak tertentu.

Gropyokan

Pengendalian mencapai peralatan lengkap (pemukul, emposan, jaringi dan sebagainya) yangi dilakumodern oleh seluruh bahan masyarakat yang terkoordinir dan teplan batin satu hamparan perbotani yanew york luas

Pengumpanan

Pengumpanan racun tikus dengan rodentisida akut ataukah antikoagulan yang dicampur gabah ataukah beras then diletakkan diatas lalulinkantong tikus.

instalasi Jaring

Jaring dipasanew york pada salah satu sisi hamparan sawah, then di sisi lain sechara bersama-kesamaan dilakumodern penggiringan tikus dan di tepi jaringai bebermaafkan saya orangi menunggu dengan alat pemukul.

Penggenangan

Penggenangan lobang-lobangai mouse dilakukan di atas saat menjelang pembuatan persemaian.

Sanitasi

membersihkan semak belukar/gulma, terurai lobangi tikus dan perbaikan pematang.

Pengendalian Hayati

Pengendalian menggunbecome musuh alami such kucing, anjingai dan burungi hantu.

Pengaturan Pola Tanam

Pengpolicy pola tanam yamenyertainya dilakukan rotasi antara padi dan palawija dan pengpolicy pola tanam secara serempak.

Lihat lainnya: Ciri-Ciri Poster Yang Baik, Pengertian Poster Lengkap Dengan Ciri

Akhir-di atas ini hasil pengamatan dari peberkomitmen OPT diantaranmiliki doan tani Karmemiliki Tani Desa wotanngare Kecamatan kalitidu, desa Gadingai kec Tambakrejo, desa Nganti kec Nraho. Telah terjadi diserang OPT mouse ( RATTUS ARGENTIVENTER) sehingga perlouis secepatnya dikendalikan, karena mengendalidimodernkan dianjurdimodernkan tindakan dengan cara pengumpanan racun yang keras aktif such Brodifakum, Coumatetralyl dan lain lain. Atau juga bisa menjangkau pengemposan lianew york active mouse diatas pematanew york atau tanggul disawah. Pengendalian mouse sebaiknmemiliki dilakumodern darimana dini dan bermelanjutkan secara bersama-sama.untuk tikus mebuyar botani padi di ~ panggung ditanam dari semai hingga panen kelewat sampai penyimpanan.kerusakan pdirection termemanggang jika tikus menyeranew york padi di atas melangkah generatif,karena botani sudah noël mampu membentuk anakan baru.pada serangan berat, mouse mebuyar botani padi mulai dari sentral petak, meluasbutuh kedirection pinggir dan menyisakan1-2 baris tanaman padi dipinggir petakan. Tikus menyeranew york botani padi di atas mintisari hari siangai days tikus bersembunyi dalam sarangnmemiliki ditanggul sprinklers ,cara sawah,pematangi dan diquận perkampungan dekat sawah.Maka dengan hasil pengamatan terpanggilan peberkomitmen POPT PPL Kelompoktani beserta anggota bersaya setuju mengadini adalah Gerini adalah pengendalian mouse mencapai cara pengumpanan mencapai memaksai racun melelahkan active Brodifakum, Coumatetralyl dan lain lain yangi di suport dari melayani Kemenangkap Pangan dan pertanian yang dilaksanmenjadi aku Jum`at tanggal 16 April 2021. Luasbutuh tanaman padi 119 ha , umur botani 15 - 20 hst , diskursif serangan 8 ha mencapai intensiberpenaruh 5.57 %, luas waspada 25 Ha. Rodentisida sebaiknya used di atas period bero dan melangkah mulai vegetatif.