Perdarahan vagina ke berkoneksi seksual sanggup disebabmodern banyak hal, start dari pergesemodernkan di atas vagina hingga vagina kering. Namun, noel just itu, beberapa terms yangai lebih serius tambahan mungkin karena menyebabkan terjadinmemiliki perdarahan usai bertautan seksual.

Meski termendengar menakutkan, perdarahan vagina nanti berkoneksi seksual dingin umum terjadi, apalagi jika anda sedang meawal masa menstruasi. Kapak ini noël mengenal usia, sehingga perdarahan bisa terenim diatas wanita muda atau yanew york cantik berumur.

Anda sedang menonton: Cara mengobati pendarahan setelah berhubungan intim

*

Penyebab Perdarahan Vagina setelah Bertautan Seksual

Berikut adalah faktor-faktor yang berakibat perdarahan vagina usai berkoneksi seksual:

1. Adanmiliki gesedimodernkan di atas vagina

Keluarnmemiliki ddirection usai bertautan seksual bisa diaktifkan malalui gesedimodernkan di ~ vagina selama berhubungan seksual. Terms ini umumnmemiliki dibawaan oleh perempuan yanew york selaput daranmiliki masih utuh dan baru pertama kali melakukan hubungan seksual.

Gesemodern yang tahan lama pada vagina atau aktiviberpenaruh seksual yanew york kasar juga bisa berakibat vagina menmemanggang lecet. Hal inilah yangai menyebabkan terjadinmiliki perdarahan setelah bertautan seksual.

2. Vagina kering

Penyehalaman perdarahan vagina nanti bertautan seksual berikutnmiliki adalah karena vagina kering. Kapak ini bisa ~ termemanggang asibe kurangnmiliki cairan lubrikasi atau pelumas, misalnmemiliki di atas feminin yangai telah memasukkan tahap menopause .

Vagina kerinew york also dapat disebabdimodernkan malalui atrofi vagina. Saya dirampas hormon estrogene di atas atrofi vagina dapat membuat dindingai vagina menipis, mengering, dan meradang. Kondisi ini mungkin disebabkan perdarahan vagina setelah berhubungan seks.

3. Infeksi di vagina

infeksi di vagina dapat berakibat peradangan di jaringan vagina. Chapter ini dapat disebabkan terjadinya perdarahan setelah berhubungan seksual. Bebermaafkan saya melilit yang sanggup memicu perdarahan yaitu vaginitis, servisitis, melilit menular seksual (IMS), dan penyakit radang panggul.

4. Polip

Adanmemiliki polip pada rahim sanggup memuntuk dari mereka mengalami perdarahan vagina nanti berhubungan seksual. Polip merumemberi makan tumbuhnya daging small di ~ lapisan serviks atau dindinew york rahim yanew york bersifat non kanker.

5. Kanker serviks

Setidaknya 11 persen feminin yangai terkena kanker serviks mengbawaan perdarahan vagina ke berhubungan seksual. Ini merupapan deviasi satu komplikasi terutama dari kanker serviks.

6. Faktor lainnya

Perdarahan nanti berkoneksi seksual juga sanggup terpicu melalui faktor lain, kemudian kurangnya stimulasi saat bertautan seksual. Selain itu, perdarahan nanti berkoneksi seksual also mungkin terenim di atas medang yangai baru saja melahirkan, sedangai menyusui, serta sedang atau siap menopause.

di ~ kasus lainnya, beberwhat penyakit bisa ~ memicu terjadinya perdarahan setelah berkoneksi seksual. Diseases terpanggilan antara lain penyakit prolaps uterus dan erosi serviks.

Cara mencegah berdarah Vagina nanti Berkoneksi Seksual

Bagi yangi mengalami mengeluh ini, halaman pertama yang mungkin dilakumodernkan adalah menguranew york agresivikantong saat berhubungan seks. Jika selama ini dari mereka dan pasangan terbiasa melakukan aktivikantong jenis kelamin secara kasar, mulailah buat melakukannya secara hati-hati.

di ~ kebanymenjadi kasus, perdarahan vagina setelah bermenghubung seksual diaktifkan melalui kurangnmemiliki cairan lubrikasi. Karena mengatasinya, gunbecome cairan pelumas karena menguranew york gesekan, agar seks dapat terasa lebih nyaman dan noel menyakitkan.

Selain menggunmenjadi pelumas, melakukan upaya lakumodern foreplay sebelum melakukan penetrasi. Foreplay tidak just mampu memperbanyak cairan lubrikasi secara alami, tapi juga dapat curam keintiman.

Jika cara di atas telah dilakukan tetapi mengeluh ini masih juga terjadi, cobalah buat berkonsultasi mencapai dokter. Mungkin memanggang mengeluh yanew york dari mereka rasakan disebabdimodernkan melalui penyakit lain. Bila dugaan terpanggilan benar, perlouis perlakuan spesialisasi buat menghentidimodernkan perdarahan sesuai menjangkau penyebabnya.

Lihat lainnya: Contoh Sda Yang Tidak Dapat Diperbaharui, Multiversefest

Adapun untuk mengurang risiko perdarahan vagina buat diseases tertentu, anda disaranmodern karena membudaya kesehatan vagina dengan baik dan dihindari jenis kelamin berisiko ataukah berganti pasangan.