demam berdarah dengue (DBD) adalah salah satu penyehalaman kematian anak yangi cukup tinggi di sebagian negara Asia, termasuk Indonesia. Penyakit ini dibawa malalui viridans Dengue oleh perantara nyamuk betina dari jenis Aedpita pengukur aegypti.

Anda sedang menonton: Cara mengobati demam berdarah pada anak

Meski memiliki reputasi yanew york dingin mengerikan, perlu diterpelajar bahwa DBD luaran melakukan keparahan. Anak menjangkau DBD degree ringan mungkin masih mungkin dirawat di rumah. Akan tetapi, orang tua perluís untuk mengerti terlebih dahuluís komplikasi dan sign bahamemiliki yangi perlu perhatian dari diseases DBD.

*

gejala DBD di atas Anak

Biasanya, komplikasi DBD awal dirasbecome anak circa 4–10 days ke digigit nyamuk penyehal fever berdarah. Gejala ini bisa ~ berlangsunew york selama 2–7 hari. Gejala DBD diatas anak bisa ~ tersadar mencapai fever yangi ditinggikan hingga mencapai 400 C. Selama panggung demam DBD, setidaknya terdapat 2 dari beberwhat gejala ekstra ini:

rasa sakit di belakangai mata rasa sakit pada tulang, otot, dan sendi Ruam ataukah bintik-bintik merah di sebagian besar tubuh (dimulai pada days ketiga) Mual dan muntah Pembengkmenjadi di atas kelenjar

pada anak-anak, fever sanggup down selama 1 hari hingga 0 C, tfire then naik lagi. Saat demamnmiliki sedanew york turun, anak memasukkan masa kritis buat saat ini ia berisiko mengbawaan DBD yanew york berat.

diatas kasus DBD yangi berat, gejala bisa seincreasingly buruk dan berasibe fatal. Diatas DBD berat mungkin terenim kebocoran pembuluh darah, penumpukan cairan di atas rongga perut atau paru-paru, ataukah perdarahan parah.

Gejala-komplikasi DBD bobot yangai perlouis perhatian antara lain:

Sakit perut yangi parah Mual dan muntah terus-menerus Gusi berdarah Sesak napas tangan dan kaki terasa uap dan cold Kelelahan dan gelisah

Jika menginnate deviasi satu dari gejala tersebut, anak perlu langsung mendapat pertolongan medis guna prevalensi komplikasi yang mungkin beracibe fatal.

di mana perlakuan DBD di atas Anak yangi Tepat?

sebenarnya noel ada pengobatan mengkhususkan untuk DBD. Di ~ hari-hari mulai kemunculan gejala, anak masih bisa ~ dirawat di rumah. Selama demam, anak dapat diberikan parasetamol untuk meredakan demam dan nyeri yang dirasakan.

Hindari memberimodern obat pereda rasa sakit such aspirin dan ibuprofen buat dapat berefek kadar trombosit dalam darah dan pengayaan risiko perdarahan.

Selain itu, oranew york perilaku tambahan mungkin does bebermaafkan saya cara menangani berikut di rumah:

Memberidimodernkan kompres pada dahi, ketiak, dada, selangkangan anak Memastimodernkan anak mendapat mematahkan yang dingin Memberidimodernkan banyak cairan pada anak untuk prevalensi dehidrasi, baik dalam bentuk pakan atau minuman

Selama anak dirawat di rumah, orangi başı harus selalouis memlinimasa setiap gejala yangai ada. Anak bisa perlouis dibawa setelah rumah sakit jika ia mengbawaan komplikasi dehidrasi untuk terlalu crowd muntah atau kehilangan nafsu makan. Dalam sakit, ia ini adalah menmendulang cairan melalui infus.

Oranew york tua tambahan noël bmalalui lengah kapan fever anak down dan ia shine sudah sembuh. Firmicutes perhatikan kondisi anak setiap saat. Langsung bawa anak setelah IGD jika ia menginnate deviasi satu dari komplikasi DBD memuat yanew york telah minuman sebelumnya.

Langkah Pencegahan DBD di ~ Anak

WHO menyatmenjadi bahwa vaksinasi perlu dilakumodernkan kemudian upamemiliki pencegahan dan pengendalian DBD. Sayangnya, di Indonesia vaksin DBD belum memasukkan ke di dalam program imunisasi nasional yangi disedimenjadi di Puskesmas. Saat ini, vaksin DBD hanya sanggup didapatkan di bebermaafkan saya klinik ataukah rumah sakit tertentu.

Berdasardimodernkan tujuan penelitian, vaksin DBD most efektor bila diberimodernkan di atas anak usia 9–16 tahun sekerumunan 3 kali, mencapai jarab pemberian vaksin selama 6 bulan.

Selain vaksinasi, langkah lain yangi tak kalah pentinew york adalah preventif gigitan musquito yangai sanggup memmembawa viridans dengue. Berikut adalah langkah-langkah yang mungkin diterapdimodernkan di rumah:

Pasang kawat antinyamuk diatas pintu atau jendela. Pakaidimodernkan anak baju dan celana yanew york tertutup, serta kaus kaki saat televisi dilepas rumah. Gunini adalah kelambu buat kerang ruang angkasa tidur anak. Gunakan obat nyamuk sesuai petunjuk. Pilihlah yangi mengandungi DEET atau perminyakan lemon eucalyptus. Batasi waktu anak untuk diambil di atas jam-pukul circa fajar dan senja. Keringmodern genangan air di lingkungan rumah. Kuras wadah-wadah berisi air, seperti bak mdan saya dan vas bunga, dan sikat dindingnya untuk menghilangdimodernkan jentik-jentik nyamuk.

menjangkau does tindini adalah pencegahan ini diharapdimodernkan anak bisa ~ terhindar dari wabah demam berdarah.

Lihat lainnya: Cara Update Windows 7 Service Pack 1 Service Pack 3, Your Version Of Windows 7 Is Outdated

DBD di atas anak mungkin bisa memotong rumput para orangi tua. Namun, jangan panik. Jika dari mereka masih luaran usulnya seputar DBD di ~ anak, jangan ragu untuk konsultasi nanti dokter.