setelah beberapa dekade bentrok berwaffen dan kekerasan paramiliter, kolumbia telah menyaksikan bagian belakang gerbecome protes yangai mengembangkan selama satu setengah five terakhir. Menunjukkan besar-besaran selama satu minggu belakangan ~ melampaui pemberontbecome nasional di ~ November dan Desember 2019. Pemerintah yangai termiliterisasi di Amerika Latin menanggapinya mencapai melakukan penumpasan brutal.

Anda sedang menonton: Cara menghilangkan rasa takut terhadap musuh

penyakit menular dunia mode COVID-19 dan episode sosial dan ekonominya telah menghantam kolumbia dengan keras. Negara ini menjangkau ketentuan didihnmiliki selagi kelas penguasa melakukan upaya buat memeras manfaat last dari populasi yanew york siap menderita, berbarengan mencapai kekerasan polcontent yangi intens. Meskipun kondisi ini mendesak ekstrim, kolumbia ndak kasus yangi unik — mereka mirip dengan situasi serupa di Yunani, Brasil, dan ruang angkasa lain di seluruh dunia. Ini bukan kebetulan, tetfire diperlihatkan serupa dan terhubungi dari fenomena global. Di mana-mana, pandemi telah curam kesenjangan dalam kekayaan, kekuasaan, dan akspita ke sarana bergenggamnya hidup. Pandemi juga enim alasan bagi nepergilah untuk pengayaan represinya. Buat belajar dari dan mempersecara luas solidaritas kedi atas mereka yanew york menghadfire kekerasan negara dan paramiliter di Amerika Latin — yang sepotongan besar didukungi dan diarahkan malalui negarawan dan otoritas lain serta lembaga kapitdahi — itupenggunaan menghadapi kekuatan global yang kesamaan yang ancaman kebebasan dan kesejahteraan itupenggunaan sendiri.

since tuverbal ini diterbitkan, Presiden kolombia ivan Duque memuntuk pernyataan pada aku Minggu, 2 Mei, yangi meminta kongrtape kolombia karena mencabut RUU reformasi perpajakannya yangai telah memicu prottape di seluruh negeri. Ini mengingatmodernkan untuk menang serupa yang dicapai melalui gerakan sosial di Ekuador pada Oktober 2019, yangi menginspirasi pemberontakan di Chili dan di tempat lain. Namun, hingga days ini, protes di kolombia terus berlanjut — termajor di town Cali, yang bisa ~ dibilang enim pusat menunjukkan — karena undang-undangai yanew york untuk melepaskan menyertainya hanyalah ukuran yangai paling terlihat dalam paket untuk merevolusi yang also mencakup privatisasi layanan kesehatan.

Di sini, kita menyajikan terjemahannya dari narasi medios Librtape Cali, sebuah pegang media independen di Cali. Versi pengaturan dari teks nguyên ini diterbitkan di dalam tiga bagian oleh Avispa Midia. Lebih lanjut tentanew york situasi di Kolombia, kita merekomendasidimodernkan cerita kalian tentanew york konteks pemberontbecome dalam jumlah besar perlawanan kekerasan polisi yangi terenim di atas September lalu.

sasaran terjemahan ini dikerjmenjadi malalui Kontra-Media.

“Negarasi mafia ini membunuh kita.”

person Telah Pincang, tapi Masih Terus Berjalan

Terlepas dari perjanjian damai yangi ditandatangani oleh otoritasnya dan FARC-EP (korps Beromongan Revolusi Kolombia-tentara Populer) di ~ five 2016, yangai seharusnmemiliki mengakhiri menabrak beromongan di Kolombia, paramilitarisme dan perdagangan narkotika terus memicu perang. El Centro Democrático (partai mantan presiden Álvaro Uribe dan presiden Iván Duque saat ini) bertanggungi jawab karena rejang perang; ia memfokuskan kekuatannmemiliki diatas penegini adalah kendali politik dan secara finansial negara.

di ~ Februari 2021, 252 mantan gerilyawan FARC yangi melucuti ourselves untuk menandatangani perjanjian perdamaian telah dibunuh. Saat ini, empat lima setelah penandatangano perjanjian damai tersebut, otoritas hanya menerapkan kurang dari 75% perjanjian itu, dan noel mengambil tindmenjadi terhadap bahan pentingai yangi seharusnmemiliki diproses penyechapter secara struktural dari konflik, such akstape setelah redistribusi dan kepemilimodern negara — yanew york secara historis menenim deviasi satu penyebab ketimpangan yangai bermengakar dalam di negara ini.

Ketimpangan ini meningkat dengan datangnya pandemi, yang sechara jelas demo negara tidak efektif, noël mampu, dan noël termenarik di ~ kesejahteraan rakyatnya. Keputusan yangai tertunda buat menutup bandara mendesak mempercepat penyebaran awal virus. Sekarang, saat kolombia mengbawaan puncak COVID ketiganya, kita menghadfire gelombanew york kekerasan, kemiskinan, dan korupsi yanew york lebih parah, bagaimana itu? kelaparan adalah deviasi satu melecehkan terburuk. Perang mengubah kanton kalian mencapai banjir darah. Di atas bulan-bulan pertama five 2021, setidaknmiliki 57 peserta germenjadi sosial yangi berpengaruh telah dibunuh, 20 di antaranmiliki adalah masyarakat adat, sebagian besar berorigin dari provinsi Cauca. Selain itu, ada 158 femisida batin tiga bulan pertama five ini dan bebermaafkan saya penyembelihan lainnya.

Seorangi kombatan muda bercantik siaga dibalik perisai.

kolumbia adalah nepergilah menjangkau eksekusi mati di luar pengadilan. Sebuah cerita oleh yurisdiksi spesialisasi Perdamaian (JEP) mendokumentasikan 6402 pembunuhan burger sipil yanew york ilegal antara tahun 2002 dan 2008, dimana prajurit dan polisi berbohongi untuk menyatakannmemiliki kemudian “terbunuh dalam pertempuran.” Pembunuhan ini memuncak di ~ 2007 dan 2008 selama masa kepresidenan Álvaro Uribe Véles. Numeral terpanggilan mendekati jumlah kasar korban kediktatoran militer Jorge Rafael Videla di Argentina; ~ ini lebih dari dobel jumlah resmi korban yangai dieksekusi atau klazed melalui Augusto Pinochet di Chili. Di Kolombia, oranew york tidak lagi bertanya-meminta siwhat yang memerintahmodernkan pembunuhan ini. Mereka untuk mengetahui perintah itu datang dari Uribe, dan mereka tidak lagi undg untuk mengatakannmemiliki dengan lantang. Kolombia telah kehilangan rasa takutnya.

dari perjanjian damai, pemerintah Iván Duque (anak didik Uribe) telah berusaha untuk merusak perdamaian mencapai segala cara yangai mungkin, dan mereka berhasil. Menurut INDEPAZ (Institute for Stumati in Developmenpen and Peace Networks), 124 massacre telah terjadi diatas tahun 2020 dan 2021, yanew york melibatmodernkan lebih dari 300 korban sechara keseluruhan. Lebih dari 1.000 aktivis telah dibunuh di kolumbia sejak perjanjian menemani itu ditandatangani. Kehidupan di negara ini adalah perjuangan terus-menerus resisten kebijakan penghematan dari otoritasnya yanew york adopsi kebubapak rakyat such mengganggu sepele. Di sampingai program ekonomi yangi mendorongi kesengsaraan dan ketidaksetaraan, program politik genosida bergawangnya buat memenghancurkan identiberpenaruh kolektif what pun yangai menentangi tatanan yangi berkuasa.

Roti sisa yang telah semarkas besar dimmenjadi dan waffen tujuan improvisasi menunjumodern buruknmemiliki kapak di Kolombia—dan satu-satunya jalan keluar.

COVID-19 just penyimpangan Satu dari crowd mengganggu Kami

Di tengah puncak ketiga diencerkan COVID-19, ribuan orang down setelah jalan untuk berbergabung dengan dalam pemogodimodernkan umum di atas 28 April. Maafkan saya memuntuk orangi kolombia memperbaiki ketakutan mereka terhadap virus dan menduduki jalan-beraliran batin menghadapi pemerintahan paling berdarah di Amerika Latin?

Pemerintangkap Duque yangai korupsi dan lalai overhead krisis yangi ditimbuldimodernkan melalui COVID-19 telah memuntuk nepergilah menemani itu terperosok nanti batin puusul kemiskinan yanew york meningkat tajam. Menurut angka pemerintah, di atas five 2020, anggaran yangi keseimbangan mencapai $ 11,5 million USD diinvestasidimodernkan nanti infrastruktur rumah sakit dan bantuan kemanusiaan batin bentuk transfer ekonomi; Padahal ada ribuan dugaan korupsi termemliki garis kebijini adalah tersebut. Sementara itu, pemerintah Duque gagal melaksanbecome proposal pendapatan radikal yangai ditandatangani malalui 4000 orang, implisit sedikitnmiliki 50 anggotaenam parlemen, sebagai sarana buat menopang kebutuan tergeram rumah tangga. Days demi hari, orang-orangi ini harus dibawah nanti cara dan berisiko terpapar jawaban bi-side hanya buat bersimpan saja hidup.

“Jika COVID noël killing kita, otoritasnya membusuk ini akan melakukannya.”

Sebaliknya, otoritasnya malah memusat memberidimodernkan dukungan kepada bank, mengamandimodernkan likuiditas fiskal mereka oleh dana yanew york ditransfer langsunew york dari Dana Mitigasi Darurat (FOME) yangai tercipta setelah pandemi. Para dengan fasih telah menyatmenjadi bahwa, hanya melalui mengalihkan yanew york ditahu sebagai “Pendapatan Solidaritas”, maka bank ini adalah mengantong setidaknmiliki $ 6,3 million USD yanew york diuntuk mengambil langsungi dari anggaran publik. “Pendapatan Solidaritas” ini noel pernah sampai di atas orangai yanew york benar-benar membutuhkannya. Bahkan selama pandemi, di kolumbia kita terus mepenampilan sebagian geram orang menjadi lebih delapan sementara yanew york kaya seincreasingly kaya.

setiap orang ini bukan barangi baru. Selama bebermaafkan saya dekade, kepengelasan politika konservatif dan bersayap kanan telah pameran diri mereka such medium antara negarasi mencapai ekonomi global yang hegemonik. Mereka sechara sistematis menebang posisi ini dengan memenghancurkan orang-orang, mencuri tanah, dan dominion mayoritas buruh. Ini adalah kediktatoran terselubung, menjangkau senjata dan sumber damiliki yangai tampan buat menahan kekangan negara selama beberapa dekade.

Pemberontmenjadi akar akar rumput yangai terenim saat ini noël terenim secara spontan. Sebaliknya, ini adalah menjawab terhadap dominasi dan ketidakadilan selama bertahun-tahun. Kerusakan terakhir yang memicu protpita yangai untuk kita saksidimodernkan di atas bulan April <2021> ini adalah proposal yang disebut “Undang-Undang Pembiayaan Solidaritas,” sebuah untuk merevolusi perpajakan yanew york menjadi memiskinmodern mayoritas penduduk.

mencapai dalih menguranew york defisiensi atau cacat yang telah dibuatnmiliki lewat reforming terakhir, pemeringenggamnya Duque muncul mencapai gagasan buruk untuk minum nilai kehidupan di salah satu nepergilah paling noël setara di dunia. Mengejutdimodernkan bahwa di tengah krisis, otoritas kolumbia koneksi rusak menaikkan pajak papan buat keselebar menengah ke bawah. Noel masuk nalar meberbalik harga makanan saat penduduk kelaparan. Kelewat lebih canggung lainnya bahwa reformasi yang diusulkan noël hanya menjadi merugidimodernkan masyarakat biasa, tetapi lagi memperkaya monopoli terkerajaan di negara itu.

Penggunaan perisai telah menenim taktis pentingai buat bertangkap dari serangan polcontent dari pemogodimodernkan umum 2019.

reforming perpajakannya mungkin menghancurkan Kami, tetapi reformasi Kesehatanlah yangi akan pembunuhan Kami

Keputusan yanew york menentukan arah negarasi dan masa dore jutaan orangai dikarena semata-mata melalui elit ekonomi, politik, dan militer. Mereka mengesahmodern undang-undangi yanew york mendukungi kekaianjuran perbanmodernkan dan peternakan, undang-undanew york yang mendukunew york kepentingan secara finansial Amerika Utara, Asia, dan Eropa, undang-undangi untuk memberimodernkan imun di atas diri mereka sendiri usai mereka pencurian bersumber daya orangai lain, undang-undangi yanew york memkarena mereka militer berkuasa baik sechara dipum maupun nasional. Undang-undanew york ini dilepas sechara tertutup, tanpa debat publik. Deviasi satu contoh paling jernih dari ini adalah untuk merevolusi bertindak yang become memuntuk perunyata diatas asetnya perawatan diberkatilah anda Kolombia. Diperkenalmodernkan pada 16 Maret 2021 dan masih belum disahkan oleh Kongres, para pendukungnmemiliki di badan legislatif diatas malam 26 April diam-diam mencoba mengesahkannya, sementara perhatian hadirin penghargaan di atas pembaruan pajak.

reformasi health ini mungkin lebih buruk daripada COVID-19 itu sendiri. Di atas dasarnya, ini dimaksudkan karena melaksanbecome privatisasi full dari aset perawatan diberkatilah anda Kolombia. Kalian harus membayar cost pertanggungan selama sakit, ataukah EPS (asuransi diberkatilah anda umum Kolombia) become mengingkari perhatian medis kami. Orangi yang butuh peringatan medis melalui EPS harus demo bahwa mereka perawat diri mereka sendiri kontrol dan noël melakukan maafkan saya pun yang menyebabkan penyakit atau cedera mereka; jika penyedialah asuransi mereka dapat membuktikan sebaliknya, mereka dapat menolak pertanggungan mereka, kekuasaan kita membayarnya. Program ini juga dimaksudkan karena mengakhiri program vaksinansi otoritasnya kota — di atas puncak pandemi! — dan memberidimodernkan wewenangnmemiliki kedi atas penyeitu asuransi buat terpisah koknya penawaran layanan ini dan kepada siwhat layanan terpanggilan diperkenankan.

reforming ini ini adalah memungkinkan masyarakat obat-obatan multinasional dan transnasional untuk memberlakumodernkan harga dan politik pasar karena perawatan diberkatilah anda di Kolombia. Ini ini adalah mengakhiri diskon asuransi diberkatilah anda bagi mereka yanew york pribadi pekerjaan di bidangi pendidikan, manufaktur, dan angkatan bersenjata. Rumah sakit harus unjuk hasil batin saran yangai sangat mirip mencapai “hasil” yanew york diuntuk bertanya otoritas Uribe terhadap tentara, yangai menghasilkan lebih dari 10.000 “nomor active bohongan” —praktek eksekusi di luar bertindak di mana otoritasnya dan militer menculik dan killing kaum muda, laluís secara sengaja melapormodernkan mereka kemudian pejuang FARC-EP untuk memenuhi kuota.

Demikeian pula, diperkirmenjadi bahwa undang-undang kesehatan saat ini yang memprivatisasi aset health di ~ five 1993 telah menyebabkan satu juta wafatnya karena kurangnmemiliki heed medis atau kelalaian, yanew york menimbulmodern lebih crowd korban daripada konflik bersenjata.

five aku Mobilisasi, Protes, dan Pemogomodernkan Umum

dari start pandemi, mereka yangi most mempersenjatai menghadapi pilihan kejam antara membukukan dalam buat dihindari viridans atau bepergerakan buat bersimpan saja hidup. Bebermaafkan saya minggu usai pandemi, sapu tangan merah awal muncul di jendela-jendela rumah di lingkungan yanew york terpinggirkan, menandini adalah bahwa rumah tangga akun itu become kelaparan. Segera, mereka sanggup dipenampilan melalui ribuan orang.

menemani itu kenwhat satu lima ke dimulainmemiliki masa karantina, selagi otoritasnya mengusuldimodernkan pembaruan perpajakan yanew york most sulit ini adalah menghantam keselebar bawah dan menengah, social noel segan-segan turun ke jalan. Pada saat krisis itu, tidak ada another opsi — hanya kemarahan dan frustrasi. Sudah waktunmemiliki memmembawa kolumbia karena membela akan manusia.

“Korupsi dan penindasan become dihancurmodern oleh pemberontakan.”

noël ada pemimpin, just tanggal pemogokan umum yangai diusulmodern oleh serikat buruh — 28 April — dan menyertainya siap tampan bagi keluarga, teman, tetangga, dan lingkungan buat arrange dirinya sendiri malalui jejarinew york sosial. Orang-orang dialirkan together usai dalam arus geram komuniberpenaruh yang berpahatan menuju periode pertemuan major dan pintu memasukkan setelah kota. Ini adalah cara yang efisien untuk memuntuk pemogokan menemani itu nyata, memastimodernkan bahwa noël ada yanew york mungkin masuk ataukah keluar.

aku pertama diisi dengan teriakan, pidato, nyanyian dan tarian di jalan. Inilah cara kalian di Cali: bahagia dan berani, berkeagungan dan meriah, penari dan pejuang. Orang-orang walk kembali ke rumah mereka mintisari itu, melelahkan tetapi menjangkau senyuman full pengertian anda yang telah menjangkau sesuatu. Hari-days berikutnya, kuncitara inti gmilik mereka dan jumlah peserta membengkak, diilhami melalui contoh-contoh perlawanan buat memperbaiki ketakutan akan represi.

Tetapi otoritasnya berpengalaman, termajor di dalam pengalaman kekerasan dan paramiliter. Mereka start menahan, membunuh, menculik, dan memperkosa anak-anak muda. Ini seincreasingly curam intensitas perlawanan di jalanan.

Sementara langkah-langkah pembbagus sekali masih diberlakumodern di beberwhat town Kolombia, pemerintah mengumummodernkan jam mmakhluk mulailah pukul 8 mintisari di ~ tanggal 28 April supaya dapat menghentikan kelangsungan mobilisasi. Pada jam 10 pagi keesodimodernkan harinya, mereka telah memodifikasi langkah tersebut seperti menjawab atas ketidakpuasan di jalanan, menjangkau alasan supamiliki dapatprevalensi kerumunan untuk menemodern oranew york oleh jam malam.

di ~ tanggal 30 April, atau aku ketiga pemogokan, pihak berwenangai beralih nanti strategi terorisme negarasi — terorisme yangai kemiripan yang mereka gunini adalah diatas kesempatan lain buat melumpuhdimodernkan komunitas. Tindmenjadi pembpengawas yangai seharusnya diwajibdimodernkan malalui pandemik memberikan alasannya bagi lembaga kepolisian untuk melakukan penangwhile massal sechara ilegal dibawah kedok perintah kota, serta penyalahgunaan wewenangi yangi berat implisit pembunuhan, kekerasan yanew york berlebihan, ancaman, penangkapan noel teratur, penghancuran harta benda pengdemo rasanya dan pelecehan seksual.

Meskipun demikian, diatas tanggal 1 Mei, kehadiran massa batin protpita jalan melebihi segenap ekspektasi dan banyak kota-town lain bergabung. Diatas period ini, unjuk đ đ di lebih dari 500 kota di seluruh negeri. Ingatan untuk kita dari perjuangan padat lainnya, yangai diturunkan kepada kita dari masa lampau melalui oranew york başı dan kakek nenek kita, mengingatmodern kita bahwa ketika orang-orangai bersatu, tidak ada kekuatan yangai lebih transformatif.

melalui platform keluhan penyalahgunaan polisi “GRITA,” di atas pukul 11 ​​mmakhluk di atas tanggal 1 Mei, berhenti daratkan asasi manusia Temblores telah menerima cerita 940 keluhan kekerasan polisi, 92 korban kekerasan penyederhana polisi, 21 orangi dibunuh malalui polisi, empat korban pelecehan seksual di groep polisi, dan 12 orangai menembak mabertanya oleh polisi.

Sejumlah besar oranf telah turun kejalan di seluruh Kolombia.

Cali: Ibukota Perlawanan

town Cali telah mencurahmodern protpita pengukur dan mengorganisir sechara sukarela yang memungkindimodernkan orangi buat bertemu. Sosial berduyun-duyun setelah titik kumpul terutama dengan kreativitas yang indah. Papan selalouis menmemanggang sentral dari tempat-secara spasial ini — pakan yangi beragam dan lezat diinventaris dari panci komunal. Baris dore ada di sana, dan baris lain perawatan dan pertahanan diadministrasi malalui pemuda. Kawanan kanton town telah diganti namanya: La Loma de la Cruz, “Bukit Salib,” sekaranew york dipanggilan La Loma de la Dignidad, “Bukit Martabat”. Selain menemani itu El Paso del Comercio, “Commerce Pass”, sekarangi dipanggilan el Paso del Aguante, “Perlintasan Ketahanan”. Jembatan Sermedang hari sekarang menenim Jembatan Sertengah Perjuangan dan Gerbangai usai laut sekarangai menenim Gerbang persimpangan Kebebasan.

Barikade yangai diuntuk dan dipertahanmodern diseluruh wilayah Cali.

Namun, represi terus bernext setiap hari. Menggemmenjadi sentence “Saya ini adalah selaluís pikiran selama saya melemparkan batu menjangkau penuh amdirection dan otoritasnya yang represif menanggapinmemiliki dengan desingan peluru,” orang-orangai telah menjalani hari-aku perlawanan yangai intensif dengan batal setidaknmiliki tujuh blokade permanen di seluruh kota. Orang-orang Cali memprotes dalam jumlah geram dan mencapai memutuskan darimana hari duluan mobilisasi. Di sebagian geram tempat berkumpul, orang-orang diprovokasi oleh aparat kepolisian yangi berujunew york di ~ bentromodernkan antara pengdemo rasanya dan polcontent anti huru hara (ESMAD). Otoritasnya kota Walikota Jorge Iván Ospina telah menetapkan berkomitmen mengawasi unjuk kedi ~ doan operasinya mengkhususkan (GOES) dari Kepolisian Nasional.

Di sini, kita melayani hollistisme kekejaman polisi di Cali setiap hari selama pemogokan, yang mengumpulkan malalui sejumlah pegang ke kanan asasi manusia.

“Pemerkosa, Pembunuh. #ESMAD #policias”

#28A—28 April, 2021

Delapan orangi mengalami luka bobot dan 50 orangi mengalami wound ringan acibe tabungai gas air mata dan granat flash-bang yanew york diluncurmodernkan melalui ESMAD. Polisi ditembak punggungi Marcelo Agredo Inchimad yang berusia 17 tahun, di lingkungan Mariano Ramos. Dia meninggal di Klinik Valle del Lili. Polisi membunuh Jaison García yanew york berusia 13 tahun. Itu cemas di rumah Sakit Carlos Holmpita Trujillo di lingkungan República Israel tidak punya tanda-sign vital. Enam oranew york dibawa ke kantor polisi dan dibebaskan mencapai bagus untuk melanggar pukul mintisari yanew york ditetapkan melalui Walitown Jorge Iván Ospina. Sejumlah video yangai tercatat melalui pengmenunjukkan rasa menunjukkan polcontent menggunakan waffen yangai noël terlalu mematimodernkan dengan tidak tepat dan menggunakan waffen api buat meluncurkan pengmenunjukkan rasa.

#29A—29 April, 2021

Peberkomitmen polisi pembunuhan Miguel Ángel Pinto yangai berusia 23 tahun di tempat berkumpul yanew york disebut “Puerto Resistencia.” Polisi menahan 106 pengdemonstrasi rasa dan memindahmodern mereka usai bureau polisi, bagaimana itu? mereka dipukuli, disiksa, dan barang-barang serta perlengwhile audiovisual mereka dilucuti. Setidaknya 31 orang hilang dilaporkan. Seorangai pengdemo rasanya di Calle Quinta terkena tabunew york gas air mata dan terluka parah. Michel David Lora yangai berusia 16 tahun, seorangai burger negara Venezuela, dilapormodern telah hilang. Setelah ditangkap bersama ibunya, Lora dimembawa ke perlindungan sementara. Selagi ibunya tiba, dia diberikenal bahwa putranya noël ada di sana.

“Pos Perlawanan: Lawan Reformasi.”

#30A—30 April, 2021

Selama protes, Edwin Villa Escobar, seorangai pedagang, dan Einer Alexander Lasso Chará, seorang yangi sudah pensiun, dibunuh di lingkungan El Diamante. Jovita Osorio, seorang guru prasekolah, dibunuh di lingkungannya Paso del Comercio dan tiga orangi tak diknows lainnmemiliki dibunuh di lingkungan El Poblado di Cali timur. Insiden ini catatan di dalam video. Angely Vivas Retrepo tembakan di feet kirinmiliki di lingkungan Julio Rincón, dekat angkasa berkumpulnmiliki Calipso. Sementara itu, dua perempuan dan seorangi pria terluka di lingkungan selebar Américas. Selain itu, polisi melukai 105 orangi lagi. Dua anggotaenam organisasi hak asasi human francisco Isaías Cifuente, Daniela Caicedo dan José Cuello, ditangkap di tempat berkumpulnya Sameco. Polcontent mencuri barang-barangai yanew york mengidentifikasi mereka kemudian bagian dari organisasi. Polisi membawa 94 orang usai kantor polisi dari lokasi prottape di seluruh kota. Kerumunan yangai dipukuli dan disiksa melalui polisi di batin kantor. José Miguel Oband, Diego Alejandro Bolaños, dan Jhon Haner Muñoz Bolaños dilapordimodernkan menghilang.

#1M—1 Mei, 2021

Sampai tulinguistik ini dibuat, belum ada narasi hak asasi human mulai 1 Mei, meskipun kerumunan pengdemo rasa yangai meliput sebagian geram periode bertemu di markas besar kota. Serangan tidak punya pandangai bulu dilapormodernkan di situs protpita Paso del Aguante, Calipso dan Puerto Resistencia. Polisi memanfaatdimodernkan mmakhluk menyertainya untuk menyerang titik-ketentuan paling rentan dari demo 1 Mei. Ada cerita dari seluruh kota tentanew york burger sipil berwaffen yangi meluncurkan setelah lingkungan di sebelah quenn ini. Malam itu, pemerintah memberlakukan “Darurat Militer” untuk melegalmodernkan militerisasi kota-kota koknya mobilisasi dan perlawanan sipil terhadap reforming perpajakannya terus berlanjut.

familial anak laki-laki dibatin barikade.

alat Musuh: respon military terhadap Protes Sosial

padat untuk search insula tentanew york pengememiliki militer dari diperoleh resmi. Tampaknmiliki mereka berdengan sengaja menyembunyikan sebenarnya tentang pengepribadi otoritasnya untuk perang. Kolumbia saat ini menghabiskan tentang 40 triliun peso kolumbia ($ 10,5 miliaran USD) buat kementerian pertahanan setiap tahun. Budget untuk tentara secara bersejarah tinggi, untuk konflik internal terus berlanjut dan meningkat selama bebermaafkan saya dekade belakangan. Meskipun ada upamemiliki karena mengadini adalah pembicaraan damai, saat ini bentrok telah berkembangai biak dan meningkat di kawanan provinsi, dan pengepribadi pertahanan sekarang mencapai kyung 11% dari pengememiliki pemerintah kolombia — persentase yangai tinggi untuk negara menjangkau ekonomi yang melemah. Ini menempatkan kolombia di peringkat 25 world buat pengememiliki defence publik, kurang sopan pada negara-negara kemudian Prancis (dengan 3,3%), Spanyol (2,9%), ataukah bahkan Brasil (3,86%).

ESMAD (Escuadrón Móvil Antidisturbios, pasukan Anti-Huru-hara), sebuah divisi dari aparat polisi nasional, dibentuk diatas tahun 1999 karena menedimodernkan mobilisasi di negara tersebut. Menemani itu seharusnmiliki menmemanggang pasukan mengkhususkan sementara, tetapi sekaranew york telah ada selama lebih dari 20 lima dan semakin kuat oleh pemerintahan yangi berturut-turut. Saat ini, ia terourselves dari 3876 pesaya bersedia mengurus mencapai anggaran 490 miliar peso ($ 131 million USD). Selama masa jabatannya, skuadron ini telah killing setidaknmiliki 20 burger sipil melalui maafkan saya yangai mereka panggilan “kekuatan berlebihan” (excessive force).

Saat ini, otoritas Duque-Uribe, yangai terasing dari rakyat dan mengantisipasi ketidakpuasan person yanew york kokoh yanew york berasal dari tindakan-tindbecome terpanggilan di atas, telah mengalokasikan jutaan peso karena memperkokoh legiun keamanannya. Pemerintah telah siap bebermaafkan saya waktu sekarangi untuk menggunakan represi karena diproses kerusuhan. Pada Maret 2020, diatas permulaan krisis sosial dan ekonomi yangai disebabmodern oleh COVID-19, ia pembelian tahun kendaraan lapis baja seharga 8 miliaran peso ($ 2,1 juta USD) together mencapai amunisi dan persenjataan secost 9,515 miliar peso ($ 2,5 million USD) untuk ESMAD. Anggaran 2021 telah itu dorongan hampir satu miliar peso. Singkatnya, otoritasnya ini menanggapi protes sosial seolah-latihan sedang berperang.

Namun baik ESMAD maupun polisi noel bersasaran menahan pemogomodern umum. Inilah sebabnmemiliki mengmaafkan saya Presiden Duque mendeklarasimodernkan pemasangan “Bantuan Militer” di kota mana pun yang membutuhkannmiliki — suatu tindmenjadi yangi memungkinkan penggunaan kekuatan militer untuk menanggapi turkilage dan bencana publik. Kehadiran kekuatan-kekuatan ini di jalan-jalan membatasi hak-hak, sebagai dalam keadaan terkepung. Kehadiran militer di jalan-jalan curam kemungkinan terjadinmemiliki perangi selama demonstrasi, karena pendekatan negarasi terhadap situasi yanew york ada dari sudut pandanew york militer.

Demonstran menghadapi ESMAD (polisi anti huru-hara Kolombia) berwaffen berat.

jalanan yanew york Meluap

Orang-orangi kolombia berkumpul di setiap sudut, menutup setiap kota, down ke jalur karena membantah pembaruan pajak dengan slogan “Jika itupenggunaan tidak bersatu, itupenggunaan become tenggelam.” jalanan kolumbia jadi sungi orang. Fire persabapak yang terlalu tinggi telah menyebar untuk menghorsekarat mereka yanew york telah mengorbandimodernkan nyawanya. Dirugikan mereka mendesak menyakitmodern kami, tetapi wafatnya mereka pasti noël sia-sia. Suara-suara dari seluruh negeri memuntuk diri mereka dimendengar dan kawanan menunjukkan telah menyebarkan voice perlawanan.

Lihat lainnya: Ciri Ciri Terkena Covid 19 Sebutkan, Penyakit Ebola

kolumbia telah menghilangmodern rasanya takutnya. Kalian tidak akan rugi.

¡A PARAR PARA AVANZAR! WE STRIsetelah TO MOVE FORWARD!

“buat kematian kita: satu menit keheningan dan seluruh hayatnya untuk bertarung.”