Cara mengetahui golongan ddirection bisa ~ oleh tpita pengukur golongan darah yanew york dilakumodernkan di klinik atau rumah sakit.

Anda sedang menonton: Cara mengetahui golongan darah o positif atau negatif

Ttape golongan ddirection dilakukan dengan cara menguntuk mengambil sedikit sampel darah, kemudian sampel ini ini adalah dicampurmodernkan mencapai antigen ddirection untuk memastimodern golongan darah yang anda miliki.

Tpita golongan darah adalah dirombak yangai dilakumodernkan untuk mengetahui golongan darah seseorang. Mencapai mengetahui golongan darah sendiri, dari mereka dapat mendonormodernkan ddirection atau menerima transfusi darah dengan aman.

*
Selain itu, dari mereka yangi telah memenikah dan beuntuk merencanakan punmiliki anak also dianjurmodernkan buat mengetahui golongan darah dan rhesus darah their sendiri maupun pasangan.

Rhesus (Rh) merumemberi makan protein mengkhususkan (antigen D) yangi terdapat di ~ permukaan sel darah merah. Oranew york mencapai rhesus positif (Rh+), luaran antigene rhesus. Sebaliknya, rhesus negatif (Rh-) tidak memiliki antijenderal rhesus.

gejala dapat terenim selama medang mencapai Rh- mengandunew york fetus dengan ddirection Rh+. Kondisi rhesus yangi perbedaan sanggup terintimidasi keselvet janin.

Macam-Macam Golongan Darah

Golongan darah ditentukan malalui tipe antijenderal dalam sel ddirection merah. Antijenderal merupakan zat yanew york membantu sikap di dalam mengidentifikasi zat asingai yang berpotensi membahaymenjadi tubuh. Saat riak mendeteksinya, zat asinew york tersebut menjadi dihancurkan.

Golongan darah terbagi menenim 4 macam, yaitu:

Golongan darah A (memiliki antigene A)Golongan darah B (memiliki antigen B)Golongan ddirection AB (pribadi antigene A dan B)Golongan darah O (noel luaran antigene A maupun B)

Golongan ddirection also dimemutuskan melalui faktor Rh. Penjelasan lengkapnya adalah sebagai berikut:

Rhesus aktif (Rh+)

Orangi menjangkau Rh+ memiliki antigene Rh di dalam sel darah merah. Rh+ dapat menerima Rh+ maupun Rh-.

Rhesus negatif (Rh-)

Orangi mencapai Rh- noel luaran Rh antigen. Mereka hanya menerima darah dari orangi dengan golongan ddirection Rh-.

Tipe darah A, B, AB, O, dan Rh inilah yanew york menenim elemen penyusun golongan ddirection Anda. Sechara keutuhan terdapat 8 macam golongan darah, yakni; A+, A-, B+, B-, AB+, AB-, O+, dan O-.

Cara Mengetahui Golongan Darah

untuk mengetahui golongan darah, penting sampel ddirection batin jumlah yangai kecil. Tenaga medis menjadi menggunmenjadi jarum buat menguntuk mengambil sampel darah melalui ujungai jari. Nanti ddirection diambil, bekas tusukan jarum menjadi ditutup menjangkau plester.

Selanjutnya, sampel darah akan mencampur mencapai antigene tipe A dan B. Sampel dimenguji buat memelihat penggumpalan sel darah. Jika sel darah salinew york ditemani atau menggumpal, artinya darah bereaksi dengan deviasi satu antigen.

Kemudian, potongan cair dan tanpa sel (plasma) dari ddirection dicampurmodern menjangkau golongan darah A dan B. Golongan darah A pribadi antibodi anti-B. Orangai dengan golongan darah B memiliki antibody anti-A. Golongan darah O mengandung detik types antibodi, sedangmodern golongan darah AB noel pribadi keduanya.

dirombak rhesus biasanmemiliki dilakukan dirantai dengan tes golongan darah. Metodenmemiliki adalah mencapai mencampurmodern antijenderal D pada sampel darah.

Cara-cara ini mungkin tekad golongan darah milik mereka sechara akurat. Mencapai cara mengetahui golongan darah di atas, their akan menmendulang darah yangi pantas menjangkau golongan ddirection their apabila diharuskan transfusi darah.

aturan Transfusi Darah

usai mengetahui golongan darah, dari mereka mungkin melakukan ataukah menerima transfusi darah mencapai aman. Transfusi ddirection noël bisa dilakudimodernkan sembarangan. Menerima darah yangi tidak pantas menjangkau golongan ddirection dapat memicu respon imunitas berbadan yanew york berbahaya.

Dahulu, golongan ddirection O dianggap kemudian donor universal sehingga dapat didonormodernkan usai golongan darah what pun. Namun bab ini cantik tidak berlaku sepenuhnya untuk lebih disaranmodernkan untuk menuntuk menang transfusi darah dengan golongan maupun rhesus yang kemiripannya persis.

Jadi, golongan ddirection O, khususnya O+ hanya bmelalui diberimodernkan di dalam situasi darurat, yakni jika pasien sedanew york terancam jiwanmemiliki atau persediaan tipe darah yangai benar noel mencukupi.

Lazimnmiliki sebelum transfusi dilakukan, sampel darah penerima dan pendonor become ditpita pengukur untuk memeriksa kecocokan batin suatu proses yang dikenal such crossmatching guna mencegah risiko serius diatas penerima donor.

Lihat lainnya: Gampang Banget! Begini Cara Merubah Ukuran Foto Menjadi 200 Kb Di Android Dan Pc

Jika terdapat reaksi setelah mendapat transfusi darah, kemudian gatal-gatal, muncul ruam, demam, rasa sakit di anggota berbadan tertentu, misalnmemiliki perut dan punggung, ataukah terdapat ddirection pada urine, dari mereka perlu segera memeriksakan ourselves ke hati-hati karena mendapat perlakuan lebih lanjut.